Gempa Lampung

Kastara.id, Jakarta – Dalam rilis yang diterima Kastara.id, BMKG telah melaporkan kejadian gempa bumi dengan paramater sementara, Kekuatan Mag: 5.5. Terjadi pada 23 Aguatus 2018, pk.10:44:04 WIB, dengan lintang: 6.51 LS, bujur: 103.44 BT, dan berlokasi 156 km Barat Daya Pesisir Barat Lampung, dengan kedalaman 10 Km.

Posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak gempa dirasakan sedang hingga keras oleh masyarakat di Pesisir Barat Lampung dan Lampung Barat selama 2-4 detik. Saat itu sebagian masyarakat merespon keluar rumah dan gedung. Meski begitu, gempa tidak berpotensi tsunami dan tidak ada laporan korban jiwa dan kerusakan berat dari bangunan. Aktivitas masyarakat pun telah kembali normal.

Dalam rilisnya, Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB menjelaskan, sumber gempa berasal dari zona subduksi pertemuan lempeng Hindia Australia dan Eurasia. Berdasarkan analisis peta gempa dirasakan, di wilayah Kabupaten Pesisir Barat Lampung dan Lampung Barat memiliki intensitas gempa dirasakan III-IV MMI (ringan). Tidak membahayakan konstruksi bangunan. (hero)