Manokwari

Kastara.ID, Jakarta – Empat hari pasca aksi massa berujung kerusuhan, kondisi ┬áKabupaten Manokwari, Papua Barat mulai berangsung normal. Pada Jumat (23/8) para pedagang mulai terlihat menggelar dagangan di Pasar Sanggeng, Manokwari.

Ani Masoka (54), salah seorang pedagang mengaku dirinya berani kembali berdagang lantaran situasi sudah aman. Selain itu menurut pedagang aksesoris khas Papua Barat ini, saat ini masyarakat sudah banyak yang keluar rumah dan beraktivitas seperti biasa.

Berbeda dengan empat hari lalu, Ani menyebut tak satu pun warga terlihat keluar rumah dan pasar pun tutup. Ani menyebut hari ini, dirinya sudah menjual tiga buah barang.

Hal serupa diungkapkan Raymound Paul (26) yang berprofesi sebagai tukang ojek. Raymond menilai saat ini kondisi Manokwari sudah aman. Masyarakat pun sudah melakukan aktivitas di pasar. Meski belum seramai saat sebelum kerusuhan, tapi menurut Raymound pasar sudah terlihat masyarakat mendatangi pasar.

Sementara itu ratusan personal polisi terlihat masih berjaga-jaga disejumlah obyek vital di Manokwari. Direktur Samapta Polda Papua Barat Kombes Sugeng Widodo mengatakan pihaknya mengerahkan 250 personel untuk menjaga obyek vital seperti kantor gubernur, kantor pemda, Pertamina, PLN, gedung perkantoran dan sebagainya.

Selain anggota Samapta Polda Papua Barat, personel yang melakukan pengamanan berasal dari satuan Brimob Polda Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, dan Maluku yang diperbantukan di Papua Barat. Selain itu pengamanan juga dilakukan anggota Kodam Kausari. (rya)