Kastara.id, Jakarta – Produk-produk unggulan Indonesia kembali membawa kebanggaan lewat pameran China-ASEAN Expo (CAEXPO) ke-13 di Nanning, Guangxi, Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Pada pameran yang berlangsung selama 11-14 September 2016 itu, diperoleh transaksi lebih dari USD 3 juta atau sekitar Rp 39,5 miliar dari hasil trial order dan penjualan ritel.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan Arlinda mengungkapkan hasil tersebut masih berpotensi meningkat. “Hasil transaksi yang diperoleh saat pameran masih sangat berpotensi meningkat dari banyaknya tindak lanjut inquiry oleh peserta pameran. Produk yang diminati pada CAEXPO 2016 yaitu produk furnitur, produk dekorasi rumah, serta makanan dan minuman (mamin),” ujar Arlinda.

Arlinda melanjutkan, produk furnitur berhasil mencatatkan perolehan transaksi tertinggi, yaitu USD 1,77 juta, disusul produk aksesori dan perhiasan sebesar USD 444,6 ribu; produk mamin sebesar USD 422,7 ribu; produk dekorasi rumah USD 268,8 ribu; serta produk barang konsumsi, spa, herbal, dan kecantikan mencatatkan transaksi sebesar USD 107 ribu.

“Saat ini Kemendag terus mendorong upaya peningkatan ekspor ke Tiongkok sebagai negara tujuan utama ekspor utama yang diyakini sebagai salah satu strategi tepat dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Terlebih lagi Tiongkok merupakan mitra dagang penting bagi ASEAN dan CAEXPO menjadi momen penting bagi peningkatan kerja sama kedua kawasan,” kata Arlinda.

Daya tarik Indonesia juga sukses memikat pengunjung saat tampil pada Paviliun City of Charm dengan konsep nusantara. Para pengunjung CAEXPO dihibur dan diperkenalkan pada berbagai tarian tradisional seperti Bajidor Kahot, Lenggang Nyai, Rek Ayo Rek, Tari Piring, dan Cucokrowo. Ada pula etalase produk kerajinan seperti tenun songket, ukiran kayu laker dan tepak sirih, serta promosi destinasi daerah tujuan wisata nusantara.

Tidak hanya panen transaksi, Indonesia juga sukses menorehkan prestasi dengan diperolehnya tiga penghargaan dari Sekretariat CAEXPO sebagai negara yang menunjukkan komitmen dalam berpartisipasi dan berperan penting selama CAEXPO. Ketiga penghargaan tersebut yaitu The Best Organizing the Sector Products, The Best Organizer for Exhibitors, dan The Best City of Charm. Ketiga penghargaan tersebut diterima Direktur Pengembangan Promosi dan Citra Kemendag Merry Maryati pada pelaksanaan Senior Official Meeting (SOM) pada 13 September 2016 di Hotel J.W. Marriott, Nanning, Guangxi, RRT.

Partisipasi Indonesia dalam pameran CAEXPO tahun ini merupakan yang ke-13 kalinya. Sebanyak 81 perusahaan berpartisipasi dengan menempati lahan seluas (45m x 48m) 2.160 m2. Produk yang ditampilkan dibagi dalam lima kategori produk, yaitu furnitur (18 perusahaan), dekorasi rumah (9 perusahaan), aksesori fesyen dan perhiasan (26 perusahaan), makanan dan minuman (20 perusahaan), serta barang konsumsi, spa, dan produk herbal (9 perusahaan).

“Kami optimis ke depannya dengan gencarnya Indonesia berpromosi di RRT, khususnya pada CAEXPO di Nanning, akan berdampak produk Indonesia semakin dikenal dan diminati di pasar RRT,” ujar Arlinda. (mar)