Demo mahawiswa

Kastara.ID, Jakarta – Mahasiswa dari berbagai universitas dan perguruan tinggi di Jakarta mulai menyemut di depan Gedung DPR/MPR RI di Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Senin (23/9). Mereka menyuarakan penolakan atas pengesahan revisi UU KPK, penundaan RKUHP, dan sejumlah RUU lain yang dinilai kontroversial.

Dalam pantauan media, mereka membentuk barisan dengan membuat lingkaran sambil mengucapkan yel yel ‘DPR fasis’ serta nyanyian ‘Satu Nusa Satu Bangsa’. “Hal-hal yang sudah kita dapatkan di reformasi malah tergerus oleh RKUHP. Pemberantasan korupsi digerogoti tidak hanya oleh revisi UU KPK,” ujar Kepala Departemen Kajian Strategis BEM UI, Elang ML di lokasi.

“UU Pemasyarakatan, koruptor malah dapat remisi lebih mudah,” katanya lagi.

Mahasiswa yang berkumpul di depan Gedung DPR itu antara lain berasal dari Universitas Indonesia, Universitas Atma Jaya Jakarta, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Al-Azhar, Universitas Indraprasta PGRI, dan Universitas Trisakti.

Aksi unjuk rasa masih berlangsung. Polisi memperketat penjagaan dengan mobil barikade agar tidak terjadi bentrok antara massa pro dan kontra Revisi UU KPK. (rya)