Rapat

Kastara.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat bersama dengan sejumlah menteri dan petinggi lembaga negara untuk membahas situasi yang berkembang saat ini. Rapat akan dilaksanakan di Istana Merdeka, Jakarta (23/9).

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menjelaskan sudah tahu kabar kerusuhan yang terjadi di Jayapura dan Wamena. Termasuk juga informasi tentang bangunan fasilitas publik dan kantor Bupati Jayawijaya yang terbakar.

Selanjutnya kabar demonstrasi mahasiswa terjadi di distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Senin (23/9). Aparat keamanan mengendalikan demonstrasi dengan menutup jalan penghubung antara Abepura-Padang Bulan.

Selain itu, Moeldoko juga mengakui telah memantau rencana aksi mahasiswa di sejumlah daerah lainnya, salah satunya di Yogyakarta.

Sejumlah kelompok bernama Aliansi Rakyat Bergerak bakal menyuarakan tujuh tuntutan dalam aksi damai #GejayanMemanggil di Yogyakarta. Hal ini dilakukan untuk mendesak pembahasan ulang Revisi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) dan ditunda, terutama terkait pasal-pasal yang kontroversial.

Rapat juga dihadiri oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofian Djalil. Selain itu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Bahkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala BIN Budi Gunawan, Pangdam Jaya Mayor Jenderal Eko Margiyono, hingga Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Gatot Eddy Pramono. (rya)