AC

Kastara.ID, Jakarta – Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi (Nakertrans) dan Energi DKI Jakarta, Andri Yansyah meninjau pelaksanaan pelatihan kerja di Kantor Suku Dinas Nakertrans dan Energi Jakarta Utara (22/9).

Pelatihan teknik pendingin ruangan atau air conditioner (AC) yang diinisiasi Sudin Nakertrans dan Energi Jakarta Utara berkolaborasi dengan PT Pertamina Lubricants Unit Jakarta tersebut diikuti 70 peserta.

Andri Yansyah mengatakan, pelatihan ini masih sangat relevan dengan kebutuhan kerja maupun usaha. Pasalnya, AC banyak digunakan di perkantoran-perkantoran hingga rumah-rumah masyarakat.

“Peserta pelatihan akan memiliki bekal keterampilan yang dibutuhkan dunia kerja maupun dunia usaha. Semoga ke depan juga bisa ikut membuka lapangan kerja,” ujarnya.

Ia menginginkan, kolaborasi dengan PT Pertamina Lubricants melalui program corporate social Responsibility (CSR) juga bisa direalisasikan di wilayah-wilayah lain dalam bentuk beragam pelatihan seperti di bidang otomotif, tata boga hingga tata busana.

“Kami juga ingin mereka yang terpuruk karena pandemi COVID-19 bisa segera bangkit dengan adanya pelatihan-pelatihan ini,” terang Andri.

Manager Production PT Pertamina Lubricants Unit Jakarta, Dody Arief Aditya menyambut baik ajakan kolaborasi dari Dinas Nakertrans dan Energi DKI Jakarta untuk berkolaborasi melalui program CSR.

“Melalui program ini kami berharap bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, mudah-mudahan ini bisa berlanjut dengan program lainnya,” ungkapnya.

Sementara salah seorang peserta pelatihan, warga Jalan Jampea Lorong 21, Koja, Jakarta Utara, Dedi Sanjaya (39) mengaku ikut pelatihan ini untuk menambah keterampilan dalam bidang perawatan dan pemeliharaan AC.

“Setelah tahu ilmunya tentang perawatan AC outdoor dan indoor, rencananya akan membuka usaha di rumah karena di Jakarta Utara ini banyak pengguna AC,” tandasnya. (hop)