Marc Marquez dan Andrea Dovizioso PTT Thailand Grand Prix 2018(motogp.com)

Kastara.id, Motegi – Pembalap Ducati Team Andrea Dovizioso memulai balapan MotoGP Jepang (21/10) dari posisi Pole. Namun sayangnya, setelah memimpin sebagian besar balapan, Dovi akhirnya jatuh dan gagal finis di dua lap menjelang balapan berakhir. Pembalap Italia itu melakukan kesalahan di Tikungan 10 Twin Ring Motegi.

Sementara pesaing terkuatnya, Marc Marquez berhasil mengukuhkan diri sebagai juara dunia musim 2018, sebelum final Valencia.

Andai Dovi tak terjauh dan bisa mengalahkan Marquez di Jepang seperti tahun lalu, maka pesta gelar “MM93” bisa tertunda, setidaknya sampai seri Malaysia pekan depan.

Namun sekarang kenyataan berkata lain dan anak Cervera itu ini sudah resmi menjadi juara dunia. Artinya, di tiga balapan terakhir ini, Australia, Malaysia, dan Valencia akan kurang menarik, lantaran penonton sudah tahu siapa yang menjadi juara dunia.

Tak seperti tahun lalu, Dovi bersama Ducati berhasil menghadirkan kesulitan bagi Marquez sampai final Valencia. Tahun ini, tak ada lagi ketegangan perebutan gelar di tiga balapan tersisa, hanya tinggal menyisakan pertarungan posisi runner-up, satelit terbaik, dan Rookie terbaik.

Selebihnya, tiga balapan sisa akhir tahun ini menjadi kurang menarik. Apa lagi yang ditunggu? Faktor lainnya karena cedera perkepanjangan tandem Dovi, Jorge Lorenzo. Andai X-Fuera tak mengalami cedera di seri Aragon lalu, mungkin pertarungan gelar bisa semakin panas sampai Valencia, November mendatang. (dwi)