WhatsApp

Kastara.ID, Jakarta – Sejumlah aplikasi yang dilarang atau diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tidak bisa diakses menggunakan bantuan kuota internet Kemendikbud Ristek.

“Artinya, kuota Kemendikbud 2021 untuk aplikasi apa saja bisa digunakan, selama aplikasi tersebut tidak masuk ke dalam daftar blokir,” tulis Kominfo dikutip dari laman resmi, Sabtu (23/10).

Dirangkum dari Instagram resmi Kominfo, ini daftar situs dan aplikasi sosial media yang diblokir oleh Kominfo atau tidak bisa diakses dengan kuota bantuan internet Kemendikbud, yaitu Badoo, Bigo Live, Facebook, Instagram, YY, Twitter, Vive, Vkontakte, Tumblr, Tinder, Snapchat, Snackvideo, Pinterest, dan Periscope.

Kemudian selain media sosial, beberapa situs dan aplikasi game yang diblokir atau tidak bisa diakses dengan kuota bantuan internet Kemendikbud, antara lain 8 Ball Pool, Candy Crush, Clash of Clans, Clash of Kings, Clash Royale, Crisis Action, Fifa Mobile Football, Garena, Garena AOV, Garena Free Fire, Growtopia, Lineage Revolution, Mobile Legends, PUBG, Roblox, Steam dan Lords Mobile: Battle of The Empires.

Sementara situs dan aplikasi video yang diblokir atau tidak bisa diakses dengan kuota bantuan internet Kemendikbud adalah JWPlayer, Likee, Netflix, TVUNetwork, QQVideo, TikTok, Viu, dan Dailymotion. (nth)