La Nina

Kastara.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo meminta Satgas Penanganan Virus Covid-19 dan kepala daerah harus tetap mewaspadai penyebaran Covid-19. Pencegahan terhadap kegiatan yang berpotensi melanggar protokol kesehatan (prokes) harus dilakukan. Bila membandel, dibutuhkan tindakan tegas.

“Saya meminta komite satgas para gubernur untuk tetap waspada,” terang Jokowi dalam rapat terbatas Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (23/11).

Jokowi melanjutkan, dari awal dirinya telah menyampaikan strategi keseimbangan gas dan rem dalam menangani pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi. Kepala Negara terus mengingatkan satgas dan kepala daerah tidak kendor kepada hal ini.

“Jadi strategi yang dari awal kita sampaikan rem dan gas betul-betul diatur betul jangan sampai kendor,” bebernya.

Lebih jauh mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut ketidakseimbangan gas dan rem dalam penanganan Covid-19 akan memunculkan gelombang kedua penularan virus Covid-19.

Kondisi ini justru menjadikan Indonesia berada dalam keterbelakangan. Karena itu, pencegahan dan intervensi terhadap kegiatan yang berpotensi melanggar prokes dilakukan.

“Ini yang bisa membuat kita set back mundur lagi. Karena itu langkah pencegahan dan intervensi terhadap potensi kegiatan yang melanggar protokol harus dilakukan dengan ketegasan. Lakukan tindakan pencegahan sedini mungkin,” pungkasnya. (ant)