Metro

Rapat Paripurna DPRD Kota Depok

Kastara.ID, Depok – Rapat Paripurna DPRD Kota Depok dalam rangka penyampaian laporan hasil akhir pembahasan badan anggaran DPRD Kota Depok terhadap raperda tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) 2021 di gedung DPRD Depok, Senin (23/11), dihadiri Kepala Daerah PJS Wali Kota Depok Dedi Supandi dan Ketua DPRD Kota Depok TM Yusufsyah Putra dan seluruh jajaran OPD.

Ketua DPRD Depok Yusufsyah Putra dalam sidang Paripurna membacakan, ini merupakan amanah Peraturan pemerintah No 12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah. Seperti menyusun, mengajukan, dan menetapkan rancangan peraturan daerah (Perda) tentang APBD merupakan kewenangan Kepala Daerah selaku pemegang kekuasaan keuangan daerah.

Sementara bagi DPRD, sidang ini merupakan pelaksanaan fungsi anggaran, yakni untuk membahas rancangan perda tentang APBD. Merupakan tugas dan wewenang Badan anggaran DPRD untuk memberi saran dan pendapat kepada kepala daerah dalam mempersiapkan rancangan perda tentang APBD.

Tanggapan ini merupakan tanggapan akhir yang bersifat umum dari serangkaian tanggapan, pembahasan, saran, dan rekomemdasi telah disampaikan dalam kerja terkait dan ini merupakan bagian tak terpisah dari tanggapan umum.

Dalam rapat paripurna ini melaporkan hasil pembahasan rancangan APBD Kota Depok Tahun Anggaran 2021 berdasarkan kebijakan umum anggaran (KUA) Serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Tahun Anggaran 2021, yang sudah disepakati oleh PJS Wali Kota Depok dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Depok tertanggal 12 Oktober 2020, serta memperhatikan isu-isu strategis yang berkembang dari berbagai arah kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa-Barat.

Terakhir, dengan tema pembangunan 2021 berupaya untuk meningkatkan daya saing daerah diberbagai sektor. Peningkatan daya saing tentunya dapat dicapai melalui akselerasi pembangunan dari berbagai bidang (sosial, ekonomi, dan infrastuktur) baik dalam hal kualitatif maupun kualitas dengan tujuan utama meningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakat. (*)

Leave a Comment

Recent Posts

Tradisi Lebaran Depok Banyak Membawa Berkah

Kastara.Id,Depok - Wali Kota Depok Mohammad Idris resmi menutup rangkaian acara Lebaran Depok tahun 2024…

Larangan Investigative Reporting Harus Dilawan

Kastara.ID, Jakarta - Investigative reporting itu dapat mengungkap atau membongkar sesuatu yang ditutup-tutupi. Hal itu…

99 Elemen Masuk Barisan di KBBI Siap Menangkan Imam Budi Hartono di Pilkada Depok

Kastara.Id,Bogor - Puluhan elemen atau relawan warga Kota Depok terhimpun dalam Keluarga Besar Bang Imam…

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…