Susi Pudjiastuti

Kastara.ID, Jakarta – Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Susi Pudjiastuti mengusulkan pemerintah melakukan perombakan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Salah satu yang disoroti Susi adalah jumlah PNS yang dirasa terlalu banyak. Itulah sebabnya Susi menyarankan agar dilakukan pemangkasan jumlah PNS.

Melalui cuitan di akun twitternya, @susipudjiastuti (22/11), Susi menuturkan pemangkasan PNS bisa dilakukan bertahap dalam beberapa tahun. Tahapan penerimaan PNS juga dikurangi dan dilakukan beberapa tahun sekali. Dalam cuitannya Susi juga memention ke akun twitter @jokowi, milik Presiden Joko Widodo.

Pemilik maskapai penerbangan Susi Air ini menambahkan, pola pemangkasan bisa mencontoh yang sudah dilakukan perbankan. Ia merinci, tiap departemen bisa melakukan pemangkasan pegawai 30 persen dalam dua tahun. Selanjutnya perekrutan pegawai baru hanya 10 persen dengan syarat cum laude atau top class.

Di tahun ketiga menurut Susi, langkah tersebut bisa kembali dilakukan. Sehingga dalam 6 tahun jumlah PNS hanya tersisa 40 persen. Sebanyak 30 persen di antaranya adalah pegawai dengan kualitas hebat.

Lantaran diisi oleh tenaga berkualitas hebat, Susi menilai pantas jika PNS hasil restrukturisasi mendapat gaji yang lebih besar dibanding sebelumnya. Gaji PNS bisa dinaikkan tiga hingga empat kali lipat. Gaji mereka layak disejajarkan dengan penghasilan pegawai swasta yang bagus. (ant)