Jakarta Rendah Emisi

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta meluncurkan situs pusat informasi tentang aksi perubahan iklim dan pengendalian pencemaran udara di Jakarta, rendahemisi.jakarta.go.id.

Melalui website tersebut masyarakat dapat memantau perkembangan aksi perubahan iklim dan perbaikan kualitas udara di Jakarta sekaligus menjadi media informasi dan kolaborasi.

Kepala Dinas LH DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan, website ini mewakili visi hijau Jakarta dalam mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dan juga mengurangi emisi polusi udara.

Logo dan visual website ini, lanjut Asep, menggunakan warna biru dan hijau yang menggambarkan spektrum penurunan emisi polusi udara dan GRK.

Website ini kami harapkan dapat menjadi pusat informasi dan media untuk publik terus memantau aksi-aksi perubahan iklim dan perbaikan kualitas udara di Jakarta,” ujarnya, Selasa (23/11).

Asep menjelaskan, melalui situs ini Dinas LH DKI Jakarta menunjukkan suatu langkah untuk meningkatkan transparansi mengenai aksi-aksi perubahan iklim, sehingga publik dapat mengikuti perkembangan dan juga turut menyumbang ide atau masukan untuk Jakarta yang berketahanan iklim dan mempunyai kualitas udara yang lebih baik.

“Jika publik tahu perkembangan aksi iklim dan kualitas udara, maka kami harapkan partisipasi mereka akan semakin meningkat dan juga memacu kinerja kami untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk warga Jakarta,” terangnya.

Menurutnya, melalui website ini dapat ditemukan informasi tentang publikasi kebijakan dan aksi perubahan iklim dan perbaikan kualitas udara, laporan, capaian aksi perubahan iklim dan pengendalian pencemaran udara oleh Pemprov DKI Jakarta, platform untuk kolaborasi, informasi data kualitas udara dan perubahan iklim.

Ia menambahkan, publik juga mendapatkan informasi praktis seperti lokasi pengetesan uji emisi dan kebijakan terbaru lainnya. Informasi dalam website ini tersedia bilingual dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

“Website ini juga akan menjadi inisiatif Jakarta dalam melaksanakan amar putusan Citizen Lawsuit oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 16 September 202,” tandasnya.

Untuk diketahui, pengembangan website ini dilakukan melalui kerja sama Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, +Jakarta dan Vital Strategies dengan dukungan dari Bloomberg Philanthropies.

Vital Strategies telah bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Jakarta Clean Air Partnership Program (JCAP) yang berupa dukungan teknis untuk mengatasi polusi udara di Jakarta melalui peningkatan ketersediaan dan penggunaan data kualitas udara, analisa solusi kebijakan, dan efektifitasnya, serta mempromosikan kesadaran publik tentang dampak polusi udara bagi kesehatan. (hop)