Pertamina Mompreneur

Kastara.id, Jakarta – Bertepatan dengan hari ibu yang jatuh pada 22 Desember 2017, Pertamina Marketing Operation Region III menggulirkan program Mompreneur untuk membantu para para pemilik pangkalan LPG wanita dalam meningkatkan usahanya.

Unit Manager Communication & CSR MOR III Dian Hapsari Firasati menjelaskan, pada tahap ini Pertamina MOR III menyalurkan dana bergulir untuk 19 pemilik pangkalan LPG wanita.

“Dari 19 pengusaha tersebut, 10 pengusaha berasal dari Banten dan 9 pengusaha dari Tasikmalaya. Kami berharap dana bergulir ini dapat bermanfaat bagi para pengusaha wanita yang telah menjadi mitra kami selama ini,” kata Dian dalam keterangannya (22/12).

Melalui program Mompreneur ini, pihaknya memberikan dana bergulir sejumlah Rp 10 juta per pengusaha untuk membantu pengembangan usahanya. Syaratnya, pengusaha pangkalan LPG yang menerima dana ini harus sudah beroperasi selama 1 tahun, memiliki rekam jejak yang baik dan direkomendasikan oleh agen LPG resmi yang bekerja sama dengan pihaknya.

Program ini merupakan kerja sama antara fungsi Domestic Gas dan CSR & SMEPP sebagai bagian dari spiritual marketing. Selain Mompreneur, juga disalurkan dana bergulir untuk beragam penerima lainnya seperti petani kentang di Garut dan usaha lainnya. Secara total pada 2017 telah menyalurkan dana bergulir senilai Rp 28 miliar.

“Sebagai salah satu perusahaan BUMN terbesar di Indonesia, Pertamina memiliki dua peranan besar. Pertama, meningkatkan profit dalam rangka meningkatkan kesejahteraan negara, dan yang kedua adalah melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan,” ujarnya.

Keberhasilan PKBL dalam mengelola para mitra binaan juga terlihat dengan berbagai penghargaan yang diperoleh. Penghargaan yang didapat untuk Program Kemitraan antara lain adalah Gelar Karya PKBL BUMN Award 2011, sebagai The Best Executive Citra Awards dalam kegiatan tingkat Asean Programme Consultant Indonesia Consortium. (mar)