Headline

Bill Gates Pun Ikut Meramal Omicron Takkan Bertahan Lebih dari Tiga Bulan

Kastara.ID, Jakarta – Pendiri raksasa teknologi Microsoft Bill Gates memprediksikan bahwa gelombang Covid-19 varian Omicron berlangsung tak lebih dari tiga bulan dan pandemi akan berakhir pada 2022.

Gates lantas menilai perlunya perhatian khusus karena masih banyak hal yang belum diketahui dari Omicron, terutama terkait informasi seberapa parah penyakit yang diakibatkan. Selain itu, terkait informasi yang hingga saat ini Omicron sebagai varian yang sangat menular.

“Yang tidak diketahui adalah seberapa parah Omicron membuat Anda sakit. Kita perlu menganggapnya serius sampai kita tahu lebih banyak tentangnya.” kata Gates melalui akun Twitternya yang dikutip Kamis (23/12).

Gates mengimbau untuk meningkatkan kewaspadaan kepada masyarakat, serta saling memperhatikan satu sama lain.

“Meskipun hanya setengah dari keparahan Delta, hal ini akan menjadi lonjakan terburuk yang pernah kita lihat sejauh ini karena sangat menular,” lanjutnya.

Hal-hal terkait protokol kesehatan, seperti memakai masker, menghindari kerumunan di dalam ruangan dengan jumlah orang yang banyak, dinilai harus menjadi perhatian.

Di samping itu Gates terus mendorong masyarakat untuk mendapatkan vaksin dosis penuh dan diberi dosis tambahan agar memiliki proteksi terhadap varian Omicron. Walaupun individu yang telah divaksin masih berpotensi tertular, vaksinasi setidaknya akan membuat dampak penyakit yang diakibatkan virus SarS-CoV-2 tidak terlalu berat.

Gates menjelaskan terkait masa penyebaran varian Omicron yang disebutnya ‘kabar baik’. Menurutnya, karena varian tersebut menular sangat cepat maka gelombang omicron tidak akan berlangsung lama.

“Jika ada kabar baik di sini, Omicron bergerak begitu cepat sehingga begitu menjadi dominan di suatu negara, gelombang di sana akan berlangsung kurang dari tiga bulan,” katanya.

Gates menilai beberapa bulan ke depan bisa menjadi hal yang buruk imbas sebaran Omicron. Namun, ia percaya apabila mengambil langkah yang tepat, pandemi bisa berakhir 2022.

“Beberapa bulan itu bisa jadi buruk, tapi saya tetap percaya jika kita mengambil langkah yang tepat, pandemi bisa berakhir pada 2022,” tulis Gates. (har)

Leave a Comment

Recent Posts

Tradisi Lebaran Depok Banyak Membawa Berkah

Kastara.Id,Depok - Wali Kota Depok Mohammad Idris resmi menutup rangkaian acara Lebaran Depok tahun 2024…

Larangan Investigative Reporting Harus Dilawan

Kastara.ID, Jakarta - Investigative reporting itu dapat mengungkap atau membongkar sesuatu yang ditutup-tutupi. Hal itu…

99 Elemen Masuk Barisan di KBBI Siap Menangkan Imam Budi Hartono di Pilkada Depok

Kastara.Id,Bogor - Puluhan elemen atau relawan warga Kota Depok terhimpun dalam Keluarga Besar Bang Imam…

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…