MotoGP 2020(motogp.com)

Kastara.ID, Losail – Tes Pra-musim 2020 yang berlangsung di Sirkuit Losail, Doha, Qatar, memasuki hari kedua. Kali ini berhasil dikuasai pembalap asal Prancis, Fabio Quartararo.

Pembalap satelit Petronas Yamaha SRT itu menuntaskan uji coba dengan waktu lap terbaiknya 1 menit 54.038 detik.

Sementara kejutan hadir dari pembalap Prancis lainnya, Johann Zarco. Ia mampu mengamankan posisi keenam bersama Satelit Reale Avintia Ducati. Hasil tersebut cukup impresif dibanding hari pertama kemarin.

Sedangkan hasil kurang baik dialami juara dunia bertahan Marc Marquez yang hanya mampu di urutan ke-14. Marquez menjadi pembalap Honda terbaik kedua, di belakang pembalap Jepang, Takaaki Nakagami yang finis ke-10.

Marquez masuk sirkuit pada pukul 15:00 Waktu Setempat dan menikmati tes yang produktif untuk hari kedua. Hanya saja ia terjautuh saat sesi menyisakan tiga jam. Ia terjatuh di Tikungan 8 dan lolos dari cedera. Marquez pun kembali ke sirkuit dan kemudian membaik  dan mengamankan posisi ke-14 dengan gap +1.055 detik dari Quartararo.

“Hari ini saya mengalami kecelakaan di tikungan 8 karena perubahan arah, saya harus menggunakan kaki saya lebih banyak, karena bahu masih dalam proses pemulihan dan saya mendorong terlalu banyak, akhirnya kehilangan bagian depan dan tidak dapat menghindari kecelakaan,” papar Marquez seperti dikutip dari rilis resmi Repsol Honda.

Marquez beruntung tak mengalami luka pada tubuhnya dan langsung bisa melanjutkan uji coba usai insiden itu. “Untungnya, saya baik-baik saja setelah itu. Kami berusaha menemukan cara terbaik tapi selalu sulit di Qatar. Saat ini kami sedang melihat mengapa kami lebih kesulitan di sini daripada di Malaysia. Besok kami akan terus bekerja dan juga mulai fokus ke persiapan balapan,” papar Marquez. (tra)