Melon Golden Alisha

Kastara.ID, Jakarta – Uji coba penanaman melon di Taman Tower 4 Rusun Nagrak, RW 11, Kelurahan Cilincing, Kecamatan Cilincing membuahkan hasil. 10 buah melon jenis golden alisha berwarna kuning dan berukuran besar pun berhasil dipanen dari lokasi tersebut.

“Hadirnya tanaman melon di Rusun Nagrak dengan konsep urban farming dapat mengedukasi pengelola rusun-rusun lainnya dan masyarakat sekitar,” ujar Ali Maulana Hakim, Wali Kota Jakarta Utara saat melakukan panen melon di Rusun Nagrak, Kamis (24/2).

Menurutnya, melon merupakan tumbuhan semusim yang setelah berbuah akan selesai dan harus mengulang proses tanamnya mulai dari awal lagi. Penanaman tidak membutuhkan lahan luas, namun harus terkena sinar matahari.

Ali berharap, keberhasilan penanaman melon di Rusun Nagrak bisa memacu masyarakat Jakarta Utara untuk lebih bersemangat lagi menanam menanam melon, anggur, dan lain sebagainya di lingkungan masing-masing dengan konsep urban farming.

“Ada 41 titik lokasi penanaman melon dan itu menjadi potensi untuk pelaksanaan studi banding bagi warga sehingga bisa belajar dan langsung praktik,” katanya.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Utara, Unang Rustanto menambahkan, kegiatan panen melon di Rusun Nagrak merupakan hasil kolaborasi Pemkot Jakarta Utara dengan Dinas KPKP DKI Jakarta, Unit Pengelola Rumah Susun (UPRS) III Rusun Nagrak, Panah Merah PT East West Seed Indonesia (EWINDO), dan TP PKK Jakarta Utara.

Ditambahkan Unang, di lokasi tersebut ditanam sekitar 1.200 benih melon dari Panah Merah yang ditanam menggunakan media tanam sebanyak 80 karung.

“Ke depan, kami ingin edukasi secara langsung sehingga apa yang kita tanam kemarin bisa berhasil dan warga bisa menikmati,” tandasnya. (hop)