Sentra-Batik-Tradjumas

Kastara.ID, Depok – Kota Depok saat ini memiliki sentra industri batik bernama Tradjumas yang terletak di Perumahan Bumi Sawangan Indah (BSI), Jalan Cendrawasih 7 Blok C3 Nomor 72, Kecamatan Sawangan. Usaha yang sudah berdiri sejak tahun 2015 tersebut, bisa menjual hingga 600 batik tiap bulannya.

“Dalam satu hari bisa 10 sampai 20 batik terjual,” ujar pemilik Sentra Batik Tradjumas, Achbarim sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok (23/2).

Achbarim mengungkapkan, saat ini terdapat sembilan motif batik yang dibuat di sentra miliknya. Di antaranya motif Gong Si Bolong, Tugu Batu Sawangan, Buah Belimbing, dan Gedung Tua yang berada di Depok I.

“Dari 21 motif yang ada di Kota Depok, kami baru membuat sembilan, mungkin ke depannya akan dibuat semuanya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dalam memasarkan produknya, Boim sapaannya, menggunakan media sosial Facebook dan Instagram. Produknya juga bisa dibeli secara offline di Kantor Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok di area Balai Kota maupun datang langsung ke sentra batik tersebut.

“Saat ini memang penjualannya masih skala dalam negeri, ke depan kami usahakan agar bisa merambah ke luar negeri,” tutupnya. (dha)