Langkah WhatsApp Menyaring Hoaks Lewat Fitur Forward

WhatsApp

Kastara.ID, Jakarta – Pihak WhatsApp berencana akan mengembangkan dua fitur terbarunya. Di antaranya fitur yang disebut ‘Forwarding Info’ dan ‘Frequently Forwarded’.

Untuk fitur Forwarding Info akan menginformasikan kepada pengguna WhatsApp untuk melihat informasi tentang berapa kali pesan mereka diteruskan (forward) ke pengguna lain.

Informasi ini bisa diakses dengan cara menekan lama (long press) pada pesan yang dikirim, kemudian tap ‘Info’ yang ada di pojok kanan atas.

Bila pengguna ingin tahu berapa kali pesan yang kalian terima telah diteruskan, bisa mencobanya dengan mengirimkan pesan tersebut ke orang lain atau ke diri sendiri dan cek jumlahnya.

Selanjutnya fitur kedua yaitu ‘Frequently Forwarded’. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat sebuah pesan-pesan yang telah diteruskan empat kali. Sehingga saat pesan tersebut di-forward yang kelima kalinya, pesan tersebut akan diberi label ‘Frequently Forwarded’.

Baca Juga:  Duh, Kominfo Segera Batasi Kembali Akses Media Sosial

Hingga sekarang, pihak WhatsApp masih belum menjelaskan tujuan dari kedua fitur ini. Alasannya, pihak WhatsApp telah memberikan batasan forward pesan maksimal lima kali. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir mis-informasi melalui pesan berantai.

Kedua fitur yang masih diuji coba itu telah terlihat di WhatsApp untuk Android versi 2.19.80. Namun meskipun kamu telah menggunakan WhatsApp versi ini, fitur ini mungkin masih belum tersedia karena belum diluncurkan secara global. (rfr)