Vaksinasi Hewan

Kastara.ID, Depok – Ratusan warga Kota Depok berbondong-bondong mendatangkan halaman kantor Wali Kota Depok serta membawa sejumlah hewan peliharaan untuk divaksinasi ke Balai Kota. Program vaksinasi hewan secara gratis ini dilakukan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok menyambut hari jadi ke-20 Kota Depok.

“Alhamdulillah, acara berjalan lancar, peserta cukup membludak. Sebelumnya yang daftar sebanyak 400 pencinta binatang, tetapi yang datang ternyata lebih dari itu. Namun, tidak jadi masalah karena kita juga menambah persediaan vaksin segera mungkin,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok Diah Sadiah, Rabu (24/4).

Ditambahkan Diah, untuk kegiatan tahunan ini menggandeng Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jawa Barat II. Total petugasnya, kata Diah, ada 25 dokter hewan yang praktik di Kota Depok dan Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan), ditambah puluhan tenaga paramedis lainnya.

Menurut Diah, imunisasi bertujuan meminimalisir penularan penyakit rabies dari hewan kepada manusia, yang ditularkan melalui gigitan. Dikatakannya, hewan yang divaksinasi di antaranya kucing, anjing, musang, atau kera. “Sebelum disuntik, hewan ditimbang berat badannya untuk menentukan dosis vaksin,” katanya.

Sementara Kepala Satuan Pol PP Kota Depok Lienda Ratna Nurdianny juga membawa beberapa kucing peliharaannya untuk divaksin. “Saya beruntung sekali dengan adanya acara ini. Jadi saya bisa bertanya-tanya dengan dokter hewan makanan apa yang cocok untuk kucing saya,” ujarnya.

Sementara seorang warga Kecamatan Pancoran Mas, Irawan (43 tahun), menyambut positif acara ini. Sebagai penyayang hewan, dirinya sangat menjaga kesehatan anjing jenis Belgian Malinois miliknya dengan melakukan vaksinasi.

“Saya baru pertama kali datang ke kegiatan ini, acaranya bagus. Karena penting sekali bagi kita memperhatikan kesehatan hewan, agar keluarga kita juga terhindar dari rabies. Terima kasih kepada Pemkot Depok,” ucapnya. (*)