Kastara.ID, Depok – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Harjamukti melakukan skrining kesehatan secara gratis kepada masyarakat. Kegiatan tersebut dilakukan untuk menyukseskan Bulan Deteksi Dini Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular (PTM).

Kepala UPTD Puskesmas Harjamukti, Enny Ernawati mengatakan, skrining kesehatan dilakukan dengan sasaran masyarakat usia 18 tahun hingga lansia. Adapun pelaksanaannya di setiap Posyandu dan Posbindu wilayah Kelurahan Harjamukti.

“Kami lakukan skrining kesehatan untuk masyarakat dalam mengetahui status kesehatannya,” tuturnya seperti dimuat situs resmi Pemkot Depok (23/5).

Lebih lanjut, ujar Enny, skrining kesehatan yang dilakukan meliputi pemeriksaan gula darah sewaktu dan tekanan darah. Kemudian, pengukuran tinggi badan dan berat badan untuk mengetahui Indeks Massa Tubuh sebagai deteksi awal obesitas.

Dikatakan Enny, bagi masyarakat dengan hasil di atas normal akan diarahkan untuk datang kunjungan ke Puskesmas. Yang selanjutnya melakukan konseling melihat ada riwayat keluarga dengan risiko PTM.

“Juga kami beri edukasi melalui slogan CERDIK dengan Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin olahraga, Diet gizi seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola stres,” pungkasnya. (dha)