Seminar dibuka Kepala Dispusip DKI Jakarta, Firmansyah, dengan menghadirkan narasumber Penasihat AAI Wilayah DKI, Afutami.

Kepala Dispusip DKI Jakarta, Firmansyah mengatakan, seminar diinisiasi oleh AAI dan diikuti arsiparis yang bertugas di lingkungan Pemprov dan lembaga yang berada di Jakarta.

“Seminar digelar dalam rangka bagaimana profesi arsiparis ke depan memiliki peran penting untuk melindungi dan menyelamatkan dokumen negara terkait pelaksanaan pembangunan kota Jakarta ke depan baik bersifat historical maupun administrasi,” ujar Firmansyah.

Ia memaparkan, melalui seminar ini, pihaknya ingin membuka wawasan kepada generasi muda untuk lebih menjiwai sebagai seorang arsiparis karena kontribusinya cukup luar biasa.

Firmansyah berharap, kegiatan inovatif serupa ditumbuhkembangkan di kalangan arsiparis sehingga mereka bisa saling berdiskusi untuk mengembangkan seputar kearsipan.

“Melalui kegiatan ini, mereka bersosialisasi melalui media sosial dan menjadi satu komunitas yang kuat untuk bicara kearsipan,” paparnya.

Ia menambahkan, Pemprov DKI Jakarta juga meraih penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia dengan peringkat AA atau sangat memuaskan dalam acara yang berlangsung di Banyuwangi pada tanggal 22-25 Mei 2023.

“Penghargaan ini harus terus dipacu dan dipertahankan sehingga pengelolaan kearsipan semakin lebih baik di masa mendatang,” tandasnya. (hop)