Sampah

Kastara.id, Depok – Musim kemarau yang melanda Kota Depok membuat sejumlah kali dan saluran air kering. Tak hanya itu, sejumlah kali dan saluran air juga sudah menjadi layaknya tempat pembuangan sampah. Dampaknya, kali dan saluran dipenuhi sampah sehingga air tak mengalir, air berwarna hitam, dan menebarkan aroma bau yang tak sedap.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, saat musim kemarau, sejumlah kali dan saluran yang dipenuhi sampah. Di antaranya Kali Baru, Kali Sugutamu, Kali Cabang Tengah, saluran air di Tugu Selamat Datang Cinere, dan saluran air di Jalan Arif Rahman Hakim (ARH), Beji.

“Memang banyak kali di Depok dan banyak sampah saat musim kemarau,” kata Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jumat (24/8).

Menurut Citra, pihaknya sudah menugaskan Satgas Banjir untuk membersihkan sampah di Kali Baru, bahkan sudah dibersihkan dari hulunya. “Sampah yang kami bersihkan kebanyakan sampah-sampah plastik dan jeroan hewan kurban yang dibuang. Ya, semakin kali kering semakin seenaknya warga buang sampah di kali. Setiap musim kemarau selalu kali menjadi tempat buang sampah,” ungkapnya.

Citra berharap, warga tidak lagi membuang sampah ke kali dan saluran air. “Saya mengimbau masyarakat untuk turut serta menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah ke kali dan saluran,” imbuhnya. (rud)