Hari Nasional Kerajaan Arab Saudi ke 89

Kastara.ID, Jakarta – Kerajaan Arab Saudi memperingati Hari Nasional atau National Day ke-89. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pun menyampaikan ucapan selamat.

“Perkenankan saya, atas nama Pemerintah dan Rakyat Republik Indonesia, serta atas nama saya pribadi untuk mengucapkan selamat Hari Nasional Kerajaan Arab Saudi ke 89 kepada pemerintah dan rakyat kerajaan Arab Saudi,” kata Menag pada malam perayaan Hari Nasional Kerajaan Arab Saudi ke 89 di Jakarta (23/9).

Mengenakan peci serasi dengan jaz hitam dan kemeja putih, Menag memasuki Ball Room Westin Hotel Jakarta didampinggi Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis dan Kabag TU Pimpinan Khoirul Huda Basyir. Rangkaian National Day Arab Saudi ke-89 diawali dengan mendengarkan dua lagu kebangsaan Arab Saudi dan Indonesia Raya.

Menurut Menag, hubungan Indonesia dan Arab Saudi sudah merentang panjang dan dalam beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan yang signifikan. Tahun 2019 ini, menandai hubungan kedua negara yang memasuki usia 72 tahun, sejak dibuka pertama kali pada tahun 1947.

 

“Kita mencatat adanya kegiatan saling kunjung antar Pimpinan Kedua Negara, dimana Presiden RI melakukan kunjungan kenegaraan ke Arab Saudi pada tahun 2015, dan Raja Arab Saudi melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada tahun 2017,” ujar Menag.

Saat berkunjung ke Riyadh pada 14 April 2019, kata Menag, Presiden Joko Widodo dan Putra Mahkota Arab Saudi juga telah menyepakati Pembentukan Dewan Konsultasi Tingkat Tinggi RI-Arab Saudi, yang akan menjadi pertemuan rutin pada tingkat Kepala Negara, sehingga kerjasama dapat lebih intens. Ini menjadi bukti nyata atas komitmen Pimpinan Kedua Negara untuk membawa kerja sama bilateral kita ke tingkatan yang lebih tinggi,” jelas Menag.

Usai sambutan Menag resepsi hari ulang tahun (HUT) atau National Day Arab Saudi ke-89 dilanjutkan dengan makan malam bersama dengan iringan musik timur tengah.

Menag juga menyempatkan meninjau galeri seni para seniman dan pelukis Arab Saudi yang dipamerkan di sisi kiri Ball Room Westin Hotel Jakarta didampingi Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Republik Indonesia, Mr. Esam Abid Althagafi. (put)