cilodong
Kastara.Id,Depok – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok, Elly Farida berharap, peringatan World Cleanup Day (WCD) Tahun 2022 bisa dijadikan momentum oleh masyarakat dalam mengatasi sampah di lingkungan. Menurutnya, masalah sampah memang harus ditangani dengan serius.

Camat Cilodong, Bambang Eko Sukmono mengatakan, aksi bebersih lingkungan tidak hanya menjadi seremonial semata karena adanya peringatan World Cleanup Day. Namun, imbuhnya, harus dilaksanakan setiap hari minimal di halaman rumah.

“Kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab bersama, Ketua RT dan RW bersama warga harus rutin melaksanakan kerja bakti minimal seminggu satu kali,” ujarnya, Kamis (22/9).

Terlebih, ketika musim hujan seperti saat ini, kata Bambang Eko, masyarakat diminta membersihkan saluran air agar tidak menjadi tempat bersarangnya nyamuk Aedes Aegypti yang bisa mengakibatkan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Dirinya juga meminta kepada Ketua RT dan RW untuk membentuk bank sampah di wilayah. Dengan dibentuknya bank sampah diharapkan masyarakat lebih bijak mengelola sampah dan menjaga kebersihan lingkungan.

“Pengurangan sampah bisa dilakukan dengan memilah dan memilih. Syukur-syukur bisa dimanfaatkan dengan 3R (Reuse, Reduce, Recycle),

“Keberadaan bank sampah kalau bisa sampai di tingkat RT. Pemilihan sampah yang dilakukan dari sumbernya (rumah tangga) akan sangat membantu mengurangi beban sampah yang masuk ke TPA Cipayung,” tandasnya