Kastara.id, Jakarta – Cabang olahraga (cabor) ski air menjadi salah satu andalan kontingen Indonesia pada SEA Games Malaysia, 19 Agustus hingga 2 September 2017. Sebanyak 12 atlet ski air yang masuk skuad Program Indonesia Emas (Prima) diharapkan mampu meningkatkan kemampuan selama menjalani persiapan sehingga mampu menyumbangkan medali melebihi hasil pada SEA Games Singapura 2015.

“Ski air diindikasikan mampu menyumbangkan 5 emas di SEA Games Malaysia 2017. Hal ini terkait dengan keberhasilan ski air yang menyumbangkan 4 emas, 7 perak dan 2 perunggu di SEA Games Singapura 2015,” ujar Direktur Performa Tinggi (HPD) Lomba 1 Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) Hadi Wihardja di Jakarta, Kamis, (24/11).

“Saingan terberat di SEA Games Malaysia 2017 datang dari atlet tuan rumah dan Singapura. Tapi kita bisa indikasikan 5 emas bisa diraih atlet Indonesia,” katanya.

Di Singapura, Indonesia meraih 4 emas yang disumbangkan Ade Hermana (men jumping), Rossi Amir (women jumping), dan Febrianto (mens slalom dan men overall). “Tahun depan kita harapkan Dimas Rido yang tadinya hanya meraih perak mampu memenuhi target emas. Begitu juga dengan Saidi Putu, Ummu T Solikah, Safira, Galuh, Dini Immaniar, dan lainnya,” ujar Hadi.

Sebelum tampil di Malaysia, Tim Ski Air akan terjun pada Asian Oceania Championship di New Zealand medio Febuari 2017 dan menjalani latihan di Australia. Ketika ditanyakan mengenai kondisi fisik atlet, Hadi mengakui memang belum ideal. Namun dia yakin kondisi fisik mereka bisa ideal pada saat tampil di Malaysia. “Performance mereka rata-rata mendekati 80 persen dan bisa ditingkatkan menjadi 90 persen pada tiga bulan ke depan. Kemudian, tiga bulan berikutnya performance mereka sudah 100 persen,” katanya.

Daftar nama atlet Ski Air yang menjalani persiapan SEA Games 2017: Ade Herman (mens jump), Rossy Amir (women jump), Zaidi Putu (mens over all), Dimas Ridho (mens trick), Ummu T Solikah/Safira (womens slalom), Galuh M Maulidina (women wake board), Febrianti (mens slalom), Dini Imaniar (women trick), Nur Alima (women overall), Alex Hanief (Mens Wake Board), dan Suprianto (wake board team). (sit)