Kastara.id, Tokyo – Digelar untuk pertama kalinya, Tokyo Modest Fashion Show berlangsung pada 22-23 November 2016 di Tokyo Metropolitan Industrial Centre Taito-Kan, Jepang. Delapan desainer dari Indonesia, Singapura, Malaysia, Jepang dan lainnya turut serta dalam acara ini. Dari Indonesia, Lia Afif dan Tuty Adib memperlihatkan koleksi terbaru mereka.

Koleksi Lia Afif yang glamor dipadukan dengan sentuhan etnik memukau pengunjung Tokyo Modest Fashion Show. Warna hitam, cokelat, dan abu-abu mendominasi karya Lia. Sentuhan etnik bisa dilihat dari kain tenun godak khas Tuban, dan dari aksesoris tradisional berwarna emas yang ditempatkan Lia di sekitar pinggang juga bagian kerudung.

Sementara desainer kedua yang terlibat adalah Tuty Adib. Desainer asal Solo ini menampilkan busana dengan kain batik motif klasik yang dibuat dari proses pewarnaan alam. “Orang-orang Jepang menyukai hal-hal berbau vintage, alami, juga handmade, karena itu saya memakai bahan-bahan alami untuk pewarnaan kain saya,” kata Tuty di Tokyo.

Koleksi Tuty ditujukan untuk wanita muslimah aktif. “Dengan koleksi saya wanita muslimah bisa terlihat aktif, kekinian, meski dengan baju yang tertutup,” ujar desainer yang sedang sibuk mempersiapkan show di Seatle, Amerika Serikat.

Selain Lia dan Tuty, desainer asal Jepang, Rieka Inoue berhasil merebut perhatian penonton dengan desainnya yang simpel namun memiliki cutting elegan. Rieka juga dikenal sebagai desainer yang memakai kertas Jepang sebagai bahan dasar koleksinya.

Tokyo Modest Fashion merupakan salah satu bagian dari Halal Expo Japan 2016. LPPOM MUI turut hadir dalam pagelaran tahunan ini. Bekerjasama dengan Yano Research Japan, LPPOM MUI menyelenggarakan Seminar Halal yang dihadiri langsung oleh Direktur LPPOM MUI sebagai keynote speech. Selain itu LPPOM MUI  juga membuka stan konsultasi dan diskusi seputar sertifikasi halal. (npm)