Fokus Depok

Peluncuran Buku Mendukung Program Depok Sukses Bebas Stunting

Kastara.ID, Depok – Wali Kota Depok Mohammad Idris memberikan arahan dalam peluncuran pertama buku dongeng “Ado Hebat dan Kuat” karya Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Depok Bunda Elly Farida di Lantai 10 Gedung Dibaleka II, Jumat (24/12). Buku setebal 30 halaman tersebut menampilkan Ado sebagai tokoh utama. Ado sendiri merupakan singkatan dari “Anak Depok Oke.”

Hadir pada acara ini Sekda Kota Depok Supian Suri, Kepala Bappeda Dadang Wihana, Kepala DPAPMK Kota Depok Nessi Annisa Handari, dan Kepala DKP3 Kota Depok Widyati Riyandani.

Elly mengatakan, peluncuran buku ini dalam rangka mendukung program Depok Sukses Bebas Stunting untuk Mewujudkan Kota Ramah Anak (D’Sunting Menara). Selain itu, juga untuk menumbuhkan kegemaran anak mengonsumsi makan ikan. “Kita buat buku agar anak-anak suka makan ikan, ditambah lagi dengan dongeng, plus nyanyiannya,” ujar Elly.

Dengan diluncurkannya buku tersebut, berharap masyarakat semakin peduli bahwa anak-anak mulai dari sekarang harus mulai gemar makan ikan. Sebab anak merupakan aset nasional. “Aset kebaikan buat para orang tua di masa depan. Sekaligus juga investasi kebaikan yang kita lakukan ini adalah untuk anak-anak Depok yang lebih ke depan,” jelasnya.

Buku atau komik ‘Ado Hebat dan Kuat’ ini akan didistribusikan ke berbagai lokasi. Seperti PAUD se-Kota Depok, Taman Bacaan Masyarakat (TBM), Pokja 2 Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), Bunda Literasi Kelurahan, serta wakil ketua TP-PKK kecamatan.

Mohamad Idris berilustrasi ketika berada di Negeri Jepang, sepanjang jalan di sana baik menunggu bus maupun naik kereta api. Banyak anak-anak di sana dilihat sedang membaca buku. Baik itu buku pelajaran ataupun komik, memang budaya membaca di sana sudah budaya. Di sini kurangnya literasi artinya kurangnya kemampuan untuk membaca, menulis, dan untuk bicara.

Idris menambahkan, ini perlu proses dalam mengembangkan literasi. Kota Depok untuk menumbuhkembangkan literasi dalam berbagai hal, seperti gemar makan ikan ini diusahakan seperti ini dari gemar membaca untuk anak-anak kita gemar makan ikan. Serta kualitas time-nya di keluarga harus ditingkatkan ketika orang tuanya berada di rumah bersama anak-anaknya bercerita atau dongeng sebelum tidur untuk memasukkan memori ke otaknya informasi-informasi yang positif. (*)

Leave a Comment

Recent Posts

Larangan Investigative Reporting Harus Dilawan

Kastara.ID, Jakarta - Investigative reporting itu dapat mengungkap atau membongkar sesuatu yang ditutup-tutupi. Hal itu…

99 Elemen Masuk Barisan di KBBI Siap Menangkan Imam Budi Hartono di Pilkada Depok

Kastara.Id,Bogor - Puluhan elemen atau relawan warga Kota Depok terhimpun dalam Keluarga Besar Bang Imam…

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…