Headline

LPJ KI DKI Jakarta Diserahkan ke DPRD

Menurut Harry, pihaknya menyerahkan LPJ ke gubernur dan DPRD DKI Jakarta sesuai amanat UU nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

“Selain menyerahkan LPJ, kami juga melaporkan kinerja ke DPRD DKI Jakarta,” katanya.

Menanggapi penyerahan LPJ ini, Sekretaris Komisi A, Achmad Yani, sangat mengapresiasi dan menerima LPJ lembaga yang diserahkan. Diharapkannya, KI DKI Jakarta ke depan terus melakukan penguatan program dan kegiatan.

“Ke depan, saya harap upaya lembaga dapat ditingkatkan dan mampu mengeksekusi program kegiatan yang dijalankan berdampak bagi Jakarta dengan lebih optimal,” ucapnya.

Yani juga menyoroti tupoksi utama Komisi Informasi, terutama terkait penyelesaian sengketa informasi. Ia menuturkan agar register sengketa informasi dapat dituntaskan dengan optimal.

“Kami mendukung dengan komitmen bersama lebih ditingkatkan perannya. Beberapa hal perlu dibenahi,” tegasnya.

Sementara Wakil Ketua KI DKI Jakarta, Luqman Hakim Arifin mengakui bahwa awareness tentang UU KIP nomor 14 tahun 2008 perlu terus ditingkatkan. Terutama melalui bidang Edukasi, Sosialisasi dan Advokasi (ESA) dan Kelembagaan.

Secara teknis dijelaskan bahwa Badan Publik yang menerima penghargaan monev terjadi peningkatan uji akses dari masyarakat sehingga register sengketa informasi pun jadi meningkat.

Kemudian, secara kelembagaan, KI DKI Jakarta juga berharap ada penguatan dari DPRD sehingga potret Indeks Keterbukaan Informasi Publik semakin dan dapat berdampak positif bagi Jakarta.

“Setiap tahun monev badan publik di Jakarta mengalami peningkatan yang sangat tinggi. Terutama pada Badan Publik Informatif yang meningkat hampir 94 persen di tahun 2023,” tandasnya. (hop)

Leave a Comment

Recent Posts

Langkah Pemkot Depok Atasi Banjir di Jalan Bulak Barat Cipayung

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat melakukan langkah-langkah mengatasi banjir di Jalan Bulak…

MUI Launching Buku Berjudul Wasathiyyah

Kastara.Id,Depok - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok, Jawa Barat melaunching buku  Wasathiyyah yang artinya…

Idris – Imam Sabet Penghargaan DPD PKS Terbanyak Raih Kursi DPRD Se Jabar

Kastara.Id,Bandung  - DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Barat (Jabar) memberikan penghargaan ke DPD PKS…

Bisa Menambah Koleksi Buku Untuk Pengunjung Perpustakaan Umum

kastara.Id,Depok -  Dinas Pendidikan (Disdik) menyerahkan ratusan buku, karya satuan pendidikan dari mulai Taman Kanak-Kanak…

Menjodohkan Anies-Ahok di Pilgub Jakarta?

Kastara.ID, Jakarta - Banyak tokoh nasional yang diwacanakan potensial maju pada Pilgub Jakarta 2024. Soal…

Meninjau Langsung Lokasi Banjir di RT 04 RW 08 Kelurahan/Kecamatan Cipayung

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berkomitmen untuk menyelesaikan persoalan banjir di Jembatan Kali Pesanggrahan…