Beli Pelumas Sesuai Mesin Kendaraan 

Pelumas

Kastara.id, Jakarta – Mesin kendaraan yang terawat dengan baik pasti menggunakan pelumas dengan baik. Ini secuil informasi dari coaching clinic oleh Masyarakat Pelumas Indonesia (MASPI) yang didukung Petrolab Service, Willbern Auto Chemical dan GULF Oil Lubricants Indonesia yang bertempat di aula PT Petrolab Service, Jakarta (24/2).

Namun yang tetap menjadi catatan penting adalah seberapa jauh pemilik kendaraan memahami spesifikasi mesin kendaraan serta pelumas yang digunakan. Apalagi kini semakin banyak merek pelumas yang beredar di pasaran.

“Mesin yang terawat dengan baik biasanya menggunakan pelumas yang baik dan tepat, jadi jangan salah dalam memilih pelumas karena akan berakibat fatal bagi kendaraan,” jelas Ketua Umum MASPI/Direktur BPPT Barman Tambunan.

Baca Juga:  SNI Wajib Pelumas Lindungi Produsen dan Konsumen

Ada beberapa catatan yang harus diketahui tentang fungsi pelumas untuk mesin kendaraan pertama adalah sebagai lubrication atau pelumas pada bagian mesin yang saling bersentuhan atau terdapat pergesekan. Kedua, sebagai protection atau melapisi bagian permukaan mesin. Ketiga, sebagai pendingin bagian mesin akibat gesekan. Keempat, membersihkan bagian mesin akibat gesekan. Kelima, membantu meringankan saat pemindahan tenaga.

Namun pelumas yang digunakan juga harus sesuai dengan spesifikasinya mesin kendaraan karena setiap pelumas juga dipengaruhi beberapa faktor seperti lingkungan, beban, kecepatan serta temperatur. Untuk itu pilih dan gunakan pelumas sesuai kebutuhan mesin kendaraan. (koes)