Kastara.ID, Depok – Para pelajar lulusan Ghama d’leader School (GDS) Groups Kota Depok, khususnya SMK Nasional, di tahun mendatang dapat melanjutkan pendidikan di Chien Hsin University, Taiwan.

“Dari sekolah kami, sudah melakukan MoU dengan Chien Hsin University Taiwan dan  langsung bertemu Presiden Kampus Chien Hsin Univercity Ta Wei Lee sehubungan dengan program kuliah sambil magang di industri Taiwan,” ujar Dirut GDS Group Acep Al Azhari didampingi Kepala Sekolah SMK Nasional Depok Muhammad Ihsan, Senin (25/2).

“Keunggulan belajar di Taiwan adalah mahasiswa internasional bisa bekerja paruh waktu selama sekitar +/- 20 jam per minggu. Walaupun jam bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan Pemerintah Taiwan. Selain itu para mahasiswa internasional bisa belajar menggunakan Bahasa Mandarin, memperoleh tambahan uang saku dan memperoleh kesempatan bekerja secara real,” papar Acep.

Menurutnya, kelak mahasiswa program kerja sama tersebut, bisa menjalani praktik di industri pada Senin-Rabu dan berkuliah pada Kamis-Sabtu, serta di hari Minggu mereka libur untuk beristirahat. Transportasi dari kampus menuju pabrik disediakan oleh pihak manajemen pabrik. Selama praktik industri, mereka ditempatkan di mess pabrik yang sangat layak.

“Di summer holiday selama tiga bulan, pihak pabrik memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk praktik secara penuh dan tentunya pihak pabrik mengikuti aturan yang telah ditetapkan pemerintah Taiwan,” kata Acep.

Sementara Kepala Sekolah SMK Nasional Depok Muhammad Ihsan menambahkan, tujuan utama untuk mahasiswa adalah menyelesaikan kuliah selama kurang lebih empat tahun.

Menurut Ihsan, para siswa secara langsung diajarkan praktik industri. Ini merupakan bagian dari kurikulum pembelajaran guna menyerap teknologi sebagai bekal di kemudian hari. “Insya Allah kelak mendapatkan gelar Bachelor of Science (BS) dari Chien Hsin University,” katanya. (rud)