Gulkarmat

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta akan mendistribusikan sebanyak 30.000 stiker terkait bahaya kebakaran di tahun 2020.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan mengatakan, pada stiker bahaya kebakaran tersebut juga mencantumkan nomor telepon pemadam kebakaran dan call centerĀ 112.

“Stiker ini perlu dipasang di rumah-rumah warga sebagai sarana sosialisasi sekaligus memungkinkan adanya respons cepat penanganan kebakaran,” ujarnya (24/2).

Satriadi menjelaskan, pemasangan stiker tersebut akan manjadi salah satu cara sosialisasi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran warga terhadap ancaman kebakaran.

“Selama stiker itu ada maka akan mudah dibaca. Warga juga bisa jadi saling mengingkatkan terkait bahaya kebakaran dan langkah yang perlu dilakukan,” terang Satriadi.

Ia menambahkan, stikerisasi di rumah-rumah warga membuktikan bahwa masyarakat sudah mulai sadar tanggap darurat bencana. Stikerisasi adalah hal kecil tapi punya manfaat besar bagi masyarakat.

“Musibah kebakaran kerap kali terjadi karena kelalaian, kadang kita lupa. Kami berharap pengurus RT/RW bisa membantu optimalisasi pemasangan stiker ini di rumah-rumah warga,” tandasnya. (hop)