Banjir

Kastara.ID, Jakarta – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta telah menyebarluaskan informasi peningkatan tinggi muka air (TMA) di sejumlah pintu air sejak Selasa (25/2) dini hari.

Kepala BPBD DKI Jakarta Subejo mengatakan, hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi juga masih berpotensi terjadi merata di Jakarta hingga pukul 10.00 WIB.

“Kami sebarluaskan informasi melalui media sosial dan grup WhatsApp lurah dan camat,” ujarnya, Selasa (25/2).

Sementara Kepala Bidang Pusdatin BPBD DKI Jakarta Mohammad Insaf mengungkapkan, berdasarkan data yang masuk sejak Selasa (25/2) pukul 01.00 WIB, TMA di Pintu Air Karet berstatus Awas atau Siaga 1 dengan ketinggian 610 sentimeter. Sementara, Pintu Air Manggarai berstatus Siaga atau Siaga 2 dengan TMA 895 sentimeter.

“Untuk TMA di Pintu Air Angke Hulu, Pasar Ikan, Sunter Hulu dan Pulo Gadung dalam kondisi Waspada atau Siaga 3 dengan ketinggian sekitar 180 hingga 240 sentimeter,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Disaster Early Warning System (DEWS) yang dipasang di bantaran kali Angke Hulu telah diaktifkan saat ketinggian air terpantau meningkat sekitar 170 centimeter pada pukul 01.00 WIB.

“Warga bantaran kali Angke Hulu telah dievakuasi ke tempat yang lebih aman,” tandasnya. (hop)