Pelindo I

Kastara.ID, Jakarta – PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I melakukan aksi pembagian vitamin C dosis tinggi bagi para petugas operasional di area Terminal Curah Cair Pelabuhan Belawan.

Direktur Utama PT Pelindo I Dian Rachmawan mengatakan, aksi tersebut sebagai upaya Perseroan dalam mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Adapun pemberian vitamin C tersebut diberikan kepada para pandu, operator Container Crane dan Rubber Tyred Gantry Crane, anak buah kapal (ABK), serta pelaksana operasional yang mewakili pelayanan operasional di Terminal Penumpang, Barang, Terminal Curah Cair, dan Terminal Curah Kering yang bekerja di Cabang Pelabuhan Belawan maupun Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan.

Para petugas tersebut merupakan para pegawai Pelindo I yang bertugas di lapangan yang menjadi ujung tombak terdepan dalam pemberian pelayanan kepada para pelanggan.

“Suplemen ini harus dikonsumsi setiap hari bersama anggota keluarga karena kami harus memastikan bahwa SDM Pelindo I prima dan sehat dengan mematuhi protokol pelayanan dalam masa pandemik ini. Dalam pelayanan operasional, petugas diwajibkan untuk menggunakan kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD), masker, sarung tangan, kaca mata, dan menerapkan social distancing dengan menjaga jarak antar individu yang berada di ruang publik,” jelas Dian, Rabu (25/3).

Selain itu, Pelindo I telah menerapkan Work From Home (WFH) yang merupakan kebijakan melaksanakan pekerjaan sesuai target, berkoordinasi, dan melakukan tugas lainnya dari tempat tinggal pegawai.

Kebijakan WFH Khususnya bagi pegawai administrasi atau non operasional yang diterapkan di Pelindo I diatur dengan skema yang telah ditentukan secara bergantian atau parsial yang diatur oleh masing-masing kepala divisi/cabang agar mendukung kinerja perusahaan.

Konsep WFH ini dilaksanakan menyusul adanya imbauan dari pemerintah untuk mengurangi kegiatan di luar rumah yang bertujuan untuk mengurangi potensi penyebaran Covid-19. Untuk petugas operasional bekerja dengan sistem shift sehingga operasional pelabuhan tetap berjalan dengan baik.

Lebih lanjut Dian menjelaskan, digitalisasi yang telah dilakukan di Pelindo I sangat membantu operasional kepelabuhanan sehingga interaksi antara petugas dan pengguna jasa baik di kantor maupun di lapangan sudah sangat berkurang.

“Dalam situasi seperti ini, kami menginstruksikan seluruh pegawai Pelindo I untuk menjaga kesehatan tubuh diri sendiri baik fisik maupun mental dan tidak menyepelekan pandemik ini, sehingga keluarga dan lingkungan kerja bisa sehat dan aman. Namun, kami memastikan pelayanan operasional di pelabuhan, serta arus barang dan logistik tetap berjalan lancar di tengah situasi pandemik seperti ini. Dengan kewaspadaan yang tinggi, Pelindo I tetap mengedepankan pelayanan karena pelabuhan menjadi bagian mata rantai perekonomian nasional,” imbuh Dian. (hop)