KPKP

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menargetkan dapat menanam 2.000 pohon produktif di area Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Selain mendukung rangkaian program kunjungan publik ‘Yuk Kita ke JIS’ yang diselenggarakan PT Jakarta Propertindo (Jakpro), kegiatan ini juga bertujuan untuk menghijaukan kawasan JIS dan menjaga keseimbangan ekosistem di sekitar proyek.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, saat ini sudah sekitar 87 bibit tanaman yang ditanam pada zona hijau di area JIS. Di area stadion bertaraf internasional tersebut, pihaknya telah menyiapkan bibit tanaman khas Jakarta seperti jamblang, gandaria, rambutan, kecapi, bisbul, dan sukun.

“Ditargetkan 2.000 bibit yang akan ditanam bertahap. Kami juga libatkan masyarakat yang ikut tur ke JIS dengan memberikan kesempatan mereka menanam dan menulis sendiri tanaman yang ditanam,” katanya, Jumat (25/3).

Eli menyampaikan, pihaknya akan terus berupaya mendukung pelaksanaan program ini melalui pendampingan kelompok masyarakat yang secara langsung ikut serta dalam kegiatan menanam pohon di area JIS.

Pihaknya juga mengapresiasi kontribusi masyarakat dalam mendukung program penghijauan di kawasan JIS sekaligus pelestarian lingkungan di Jakarta.

“Kita menyediakan petugas dan bibitnya. Selain itu kami juga fasilitasi komunitas, perorangan maupun kelompok tani (poktan) yang mau menanam pohon di JIS,” tandas Eli. (hop)