Kastara.ID, PortimaoDua kali Red Flag mewarnai Sesi Latihan 2 MotoGP Portugal, Jumat (24/3), waktu setempat.

Pertama, sesi harus dihentikan sementara dengan Red Flag karena ruangan Race Control mengalami masalah dengan sistem kelistrikan.

Kedua, pembalap Spanyol Pol Espargaro mengalami kecelakaan ketika sesi menyisakan 14 menit lagi.

Pembalap GASGAS itu terlempar dari motornya ketika terjatuh di Tikungan 10.

Sebenarnya Pol jatuh dengan cara yang tidak terlalu buruk, tapi entah mengapa begitu dia terpelanting ke aspal dan kerikil di gravel, dia tertempar hingga menghantam tembok pembatas sirkuit.

Kecelakaan Pol membuat sesi dihentikan sementara, tim medis langsung menuju TKP untuk menberikan pertolongan pertama kepada Pol.

Setelah kurang lebih setengah jam mendapat perawatan pertama di pinggir lintasan, Pol kemudian dibawa dengan ambulans menuju pusat medis sirkuit.

Setelah itu Pol juga harus dilarikan ke Rumah Sakit Faro.

Setelah pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit, dokter MotoGP, Dr. Angel Charte berbicara kepada media Spanyol dan menjelaskan informasi tentang cedera Pol.

“Dia mengalami kecelakaan yang serius dengan luka memar politraumatik besar di seluruh punggung, termasuk tulang belakang lumbar dan sakral. Kita harus menunggu dan melihat sejauh mana dia telah pulih,” jelas dokter Charte menerangkan, seperti diberitakan Motorsport-Total.com.

“Tulang belakang lehernya baik-baik saja. Secara neurologis dia baik-baik saja, dia tidak kehilangan kesadaran sama sekali. Kami tidak harus mengintubasi dia di titik mana pun, tapi memang benar bahwa dia mengalami luka memar yang parah di paru-paru. Dia sadar dan berorientasi, sedikit linglung, tapi pemeriksaan neurologis benar-benar normal,” imbuh Charte.

Pol menderita trauma punggung dan dada. Dalam rekaman kecelakaan menunjukkan Pol menabrak penghalang dengan kecepatan tinggi. (tra)