Mitsubishi Xpander

Kastara.id, Jakarta – Small MPV Xpander untuk pertama kalinya diekspor ke pasar internasional. Filipina menjadi negara tujuan pertama dengan jumlah pengiriman 400 unit Xpander buatan pabrik Mitsubishi yang berlokasi di Bekasi dan diresmikan tahun lalu.

Selain Filipina, negara lain yang jadi tujuan ekspor Xpander adalah Thailand, Vietnam dan negara lain di Asia Tenggara, Timur Tengah, Amerika Latin, serta Afrika.

Ekspor perdana ini diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo yang didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan CEO Mitsubishi Motors Osamu Masuko. Peresmian ekspor tersebut dilakukan di IPC Car Terminal, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (25/4).

“Saya kira kalau ini terus kita dorong agar investasi itu bisa diperbesar lagi, ekspor kita di bidang otomotif ini akan terus meningkat setiap tahun,” kata Presiden Joko Widodo usai peresmian.

Menurut CEO Mitsubishi Motors Osamu Masuko, pihaknya menargetkan jumlah ekspor 30.000 unit pada tahun pertama. Dari seluruh negara tujuan, Filipina adalah pasar terbesar dengan jumlah pesanan 3000 unit.

“Ekspor menurut rencana dimulai Januari, tapi jumlah permintaan dari Indonesia yang banyak membuat ekspor ditunda hingga akhirnya dimulai sekarang,” jelas Osamu.

Meturut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), saat ini Mitsubishi Xpander memimpin pasar segmen Low MPW di Indonesia dengan angka penjualan wholesales di atas 7.000 unit per bulan. (dwi)