Kastara.id Bogor – JMI laksanakan pelatihan budidaya ikan nila sistem bioflok, Ahad (25/4/2021).

Pelatihan diikuti hampir semua anggota Jurnalis Mancing Indonesia (JMI). Pembakalan teknis ini meliputi pembuatan kolam, sistem bioflok, pemanenan, hingga pemasaran.

“Mereka juga mendapat pembekalan tentang Kredit Usaha Rakyat yang disampaikan Edy Sabni Rosa selaku Wakil Pimpinan Cabang BNI cabang Bogor,” ujar Firman Wibowo, Ketua Umum JMI, usai mengikuti program pelatihan di Kampung Rawajati, Mekar Wangi, Kecamatan Sereal, Bogor, Ahad (25/4/21).

Ia mengatakan, program tersebut mengusung tagline #AyoBangkit ini diharapkan mampu memperkuat ekonomi keluarga JMI yang terdampak Covid-19.

“Melalui pelatihan ini diharapkan JMI bisa turut serta menjaga ketahanan pangan dan gizi masyarakat Indonesia sebagai salah satu pemasok ikan nila,” ujarnya.

Program pelatihan Budidaya Ikan Nila ini juga didukung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. Hadir dalam acara tersebut diantaranya Dedie A Rachim Wakil Walikota Bogor, Anas Lasmana Kepala dinas pertanian dan Perikanan Kota Bogor.

Selain pelatihan budidaya ikan nila, JMI juga mengadakan buka bersama dan membagi santunan kepada 22 anak yatim yang berasal dari Mekar Wangi, Kecamatan Sereal, Bogor.

Saat ini JMI memulai usaha dengan membuat 10 kolam. Lima di antaranya ditawarkan kepada anggota JMI untuk mengelola.

Sedangkan Wakil Walikota Bogor Dedie A Rachim mengatakan, program JMI ini harus dapat diperluas dengan melihat potensi kesamaan sistem seperti dalam pengelolaan sampah yang sudah lebih dahulu dikembangkan oleh komunitas lain.

JMI laksanakan Pelatihan Budidaya Ikan Nila sistem Bioflok

“Sekalian…. Jadi bisa ada usaha lain yang bisa sinergi dengan usaha budidaya nila sistem bioflok ini,” katanya.

Penasihat JMI Pratama Persada menyambut baik dan mondorong pelatihan ini. “Semoga ini akan memberikan dampak yan baik bagi anggota JMI,” katanya.

Acara diakhiri dengan sharing berwira usaha budidaya ikan. Selain ikan nila, juga akan dikembangkan pembudidayaan ikan hias jenis ikan cupang yan sedang digandrungi masyarakat saat ini.

Pelatihan ini merupakan program pertama sejak Ketua Umum JMI Firman Wibowo sejak terpilih beberapa bulan sebelumnya. Firman berharap program ini mampu menjadi usaha alternatif isan pers di tengah terjanhan yang menghantam induatri pers nasional.

baca juga : Peternak Ikan gabus ini suksea ekspor ke Eropa