Ketupat May Day

Kastara.ID, Jakarta – Dalam rangka memperingati hari buruh internasional (May Day) 2022 yang bertepatan dengan bulan Suci Ramadan, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta bersama Lembaga Kerjasama Tripartit (LKS Tripartit) menyelenggarakan kegiatan sosial. Mengambil tema “Ketupat May Day – Meraih Kemenangan dengan Mengutamakan Silaturahmi Menuju Industrial Peace”, diadakan rangkaian kegiatan untuk meringankan beban para pekerja/buruh.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta Andri Yansyah menyatakan, kegiatan dilakukan sebagai wujud kepedulian terhadap para pekerja/buruh yang masih terdampak pandemi Covid-19 dan kondisi kenaikan harga sembako yang sedang melonjak.

“Kegiatan diawali dengan bazar pangan murah, pembagian sembako gratis serta buka bersama yang disertai pemberian bingkisan kepada anak yatim dari pekerja/buruh. Diharapkan kegiatan ini dapat membantu para pekerja/buruh dan keluarga dalam menyambut Hari Raya Idulfitri 1443 H,” terang Andri Yansyah seperti dikutip dari Siaran Pers PPID DKI Jakarta (24/4).

Rangkaian kegiatan akan diawali dengan kegiatan bazaar pangan murah:
1. Beras 5 (lima) kg;
2. Minyak goreng 1 (satu) liter;
3. Gula 1 (satu) kg;
4. Sirup Marjan 1 (satu) botol;
5. Tepung terigu bogasari 1 (satu) kg.

Dalam kegiatan bazar pangan murah, disediakan 1.000 (seribu) paket sembako dengan harga semula Rp 227.752 (dua ratus dua puluh tujuh ribu tujuh ratus lima rupiah) dan akan dijual seharga Rp 125.000,- (seratus dua puluh lima ribu rupiah).

Selain itu, pada kegiatan May Day juga akan diberikan sembako gratis sebanyak 4.100 (empat ribu seratus) paket sembako dari BPJS Ketenagakerjaan, 300 (tiga ratus) paket dari APINDO, 300 (tiga ratus) paket dari KADIN serta 200 (dua ratus) paket dari PT JIEP.

Sembako akan diberikan kepada pekerja/buruh/Serikat Pekerja/Serikat Buruh di Provinsi DKI Jakarta. Selanjutnya kegiatan May Day diakhiri dengan silaturahmi dan buka puasa bersama yang diisi dengan tausiyah dan doa.

Selain itu juga akan diberikan santunan serta bingkisan kepada 40 (empat puluh) anak yatim dari pekerja/buruh. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja LKS Tripartit Provinsi DKI Jakarta dengan kolaborasi antara Federasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh, Asosiasi Pengusaha, beberapa perwakilan Perusahaan, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan stakeholder terkait. (hop)