Ziarah

Kastara.ID, Depok – Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah yang bertepatan pada 24-25 Mei 2020, Pemakaman Wakaf Parung Belimbing, Jalan Raya Citayam, tidak jauh dari pintu masuk Grand Depok City (GDC) sudah penuh disesaki para peziarah.

Gojali (36) warga Kecamatan Cilodong, memilih berziarah pada hari kedua karena lebih lengang. “Kemarin hari pertama ramai sekali, jadi saya pilih hari kedua biar lebih lengang,” katanya.

Boy (43) salah seorang pengurus pemakaman mengatakan, sejak hari pertama Lebaran sangat padat. “Sekarang lebih lengang, tidak begitu ramai seperti hari kemarin,” katanya ketika ditemui di lokasi pemakaman, Senin (25/5).

Boy tidak bisa memastikan berapa pengunjung yang datang, tapi jumlahnya bisa sampai ratusan pengunjung. “Yang ziarah lumayan banyak, tidak seperti ada wabah korona,” kata Boy.

Sementara ada imbauan dari Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok Mohammad Idris. Wali Kota Depok meniadakan kegiatan ziarah kubur di Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Kota Depok yang biasanya lazim dilakukan sebelum menghadapi Idul Fitri.

Mohammad Idris mengatakan, tujuan untuk menghindari kerumunan yang dapat berpotensi terjadinya penularan Covid-19.

“Untuk ziarah kubur di TPU yang lazim dilaksanakan dalam menghadapi Idul Fitri untuk sementara ditiadakan. Hal ini untuk menghindari adanya kerumunan yang berpotensi terjadinya penularan Covid-19,” ujar Idris. (*)