Kapal

Kastara.ID, Jakarta – Lembaga survei Akar Rumput Strategic Consulting (ASRC) menyatakan calon presiden (capres) wanita paling layak dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024 adalah Susi Pudjiastuti. Hal itu diketahui hasil survei yang dirilis ASRC pada Senin 24 Mei 2021.

Peneliti ARSC Bagus Balghi memaparkan, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) itu menjadi sosok capres wanita yang paling disukai rakyat dengan meraih 24,21 persen suara. Susi mengungguli Mentri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini yang meraih 17,66 persen dan berada di tempat kedua.

Posisi ketiga ditempati Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa dengan raihan 11,07 persen suara. Posisi Khofifah berada di atas Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dengan perolehan suara 10 persen. Ketua DPR sekaligus politisi PDIP Puan Maharani berada di posisi kelima dengan raihan 4,01 persen suara.

Sedangkan tokoh wanita lain seperti Yenny Wahid, Megawati Soekarno Putri, Ida Fauziyah, dan Iriana Joko Widodo menurut Bagus hanya mendapat suara kurang dari empat persen. Bagus menambahkan, dalam survei tersebut terdapat 24,73 responden menjawab lainnya.

Bagus menuturkan, survei dilakukan pada 26 April hingga 8 Mei 2021 dengan 1.200 responden dari 34 provinsi. Metode yang digunakan adalah multistage random sampling dengan memperhatikan proporsionalitas antara jumlah sampel dengan jumlah pemilih di setiap provinsi.

Dengan pertimbangan kondisi pandemi Covid-19, survei dilakukan dengan wawancara melalui telepon memanfaatkan database responden yang dimiliki ARSC.

Menurut Bagus margin of error survei kurang lebih 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Sementara Susi langsung menanggapi hasil survei tersebut. Melalui akun twitternya @susipudjiastuti (24/5), pemilik maskapai penerbangan Susi Air ini berkomentar, “Capres Presiden Republik Ikan.” Cuitannya disertai emoticon tertawa dan tepuk tangan. (ant)