Lurah Tebet Barat, Mardhani menuturkan, vertical garden ini dipasang pada tembok salah satu perusahaan yang membentang sepanjang 100 meter di sisi kiri dan kanan Jalan Tebet Barat Raya, Gang Tebet Barat 10. Lokasi yang dibangun vertical garden tersebut merupakan trotoar yang sering dimanfaatkan pedagang kaki lima untuk berjualan.

“Kita akan tanami tanaman Lee Kwan Yew dan dihiasi dengan lampu hias. Karakter tanaman ini menjuntai dari atas ke bawah. Jadi kalau sudah tumbuh subur nanti tembok itu tidak terlihat lagi, yang ada hanya tanaman Lee Kwan Yew berwarna hijau segar dan lampu hiasnya. Ini sangat menarik dan dapat menambah keindahan kota,” papar Mardhani, Kamis (25/5).

Menurut Mardhani, setiap hari pihaknya menerjunkan delapan anggota PPSU untuk melakukan penanaman dengan media tanam parapol atau pipa yang dipasang di atas tembok tersebut dengan cara menggantung. Kemudian pipa dilubangi untuk dimasukkan pupuk dan tanaman Lee Kwan Yew.

“Penataan sudah dilakukan sejak dua pekan lalu dan ditargetkan rampung Juni mendatang,” ucap Mardhani.

Selain vertical garden, jelas Mardhani, dalam penataan kawasan ini pihaknya juga merapikan saluran air dan trotoar dengan menggandeng jajaran Sudin Sumber Daya Air dan Bina Marga. (hop)