Rusia

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto bertemu dengan Menhan China Wei Fenghe di sela agenda parade ke-75 peringatan Victory Day atau hari kemenangan Uni Soviet atas Nazi, Jerman, di Rusia, pada Rabu (24/6).

Berdasarkan sejumlah gambar yang dirilis akun media sosial Kemhan RI memperlihatkan Prabowo dan Wei sempat beberapa kali berfoto bersama dengan tetap mengenakan masker meski tidak menjaga jarak.

Menurut Duta Besar RI di Moksow, Wahid Supriyadi, pertemuan Prabowo dan Wei merupakan kebetulan. Ia menuturkan tidak ada pembicaraan resmi apa pun yang terjadi antara kedua menhan tersebut dalam pertemuan itu.

“Itu pertemuanĀ by accident saja, kebetulan tempat duduk mereka bersebelahan. Saya kebetulan tidak ada di situ, tapi saya kira pertemuan keduanya informal. Yang jelas itu tidak diagendakan,” ujar Wahid sebagaimana dilansir CNNIndonesia.com pada Kamis (25/6).

Sebelum menghadiri parade militer tersebut, Prabowo juga telah bertemu dengan Wakil Menteri Pertahanan Rusia Jenderal Kolonel Alexander Fomin di Moskow. Keduanya, membicarakan hubungan bilateral RI-Rusia dan kerja sama kedua negara di berbagai bidang seperti pendidikan, latihan bersama, serta dalam bidang industri pertahanan.

Victory Day seharusnya digelar setiap 9 Mei. Namun, akibat pandemi corona, parade tahun ini baru bisa digelar bulan ini. Meski situasi belum sepenuhnya kondusif, Rusia juga mengundang sejumlah petinggi negara lainnya. Parade juga tetap dipenuhi oleh ratusan pasukan militer Rusia, ratusan pejabat, dan peserta lainnya. (har)