Kastara.ID, Madinah – Jemaah gelombang II mulai berdatangan di Madinah,  Sekretaris Jenderal M. Nur Kholis Setiawan yang juga Wakil Penanggung Jawab PPIH Arab Saudi melakukan visitasi ke sektor-sektor untuk memastikan kelancaran layanan terhadap jemaah haji di Madinah.

“Saya ingin melihat secara langsung pelaksanaan ibadah haji, memastikan keberadaan petugas dari berbagai lini, baik linjam maupun non kloter sudah melakukan tugasnya dengan baik,” ujar Sekjen saat ditemui di sektor 1, Madinah, Sabtu (24/8).

“Termasuk memastikan pembimbing ibadah sudah melakukan tugasnya,” imbuh Sekjen.

Menurut Sekjen, visitasi dilakukan guna mengumpulkan berbagai permasalahan yang kerap dijumpai di lapangan untuk dijadikan bahan diskusi dalam upaya perbaikan ke depan, juga sebagai langkah antisipasi sehingga pelayanan terhadap jemaah haji di tahun mendatang dapat lebih baik.

 

“Secara umum pelayanan bagi jemaah sudah luar biasa. Sesuai tugas dan fungsinya, kami lakukan inventarisir apa saja yang layak untuk dijadikan pembelajaran (lesson learn) seperti jemaah terpisah dari rombongan, sakit dan lainnya,” tutur Sekjen.

Sekjen menambahkan bahwa penyelenggaraan ibadah haji tidak dapat dilepaskan dari berbagai aspek layanan, seperti transportasi, katering, akomodasi maupun bimbingan ibadah. Ia mengatakan bahwa Kemenag sudah melakukan monitoring sangat ketat sehingga diharapkan tidak ada yang terlewat.

“Kami terus menggali informasi yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan rapat koordinasi dengan Dirjen PHU dengan harapan penyelenggaraan ibadah haji di tahun mendatang dapat lebih baik lagi,” ucapnya. (put)