PSI(gosumbar.com)

Kastara.ID, Jakarta – Beberapa hari belakangan, di beberapa sudut jalan ibukota terlihat pemandangan yang tidak biasa. Sebuah poster besar bergambar Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha. Mengenakan peci hitam, dalam poster itu Giring menyatakan siap maju jadi calon presiden.

“Giring untuk Presiden 2024” demikian tertulis dalam poster besar itu. Selain di Jakarta, poster besar itu juga dipasang di beberapa kota besar di Indonesia.

Saat memberikan keterangan secara online (24/8), Giring mengakui dirinya siap maju dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Mantan vokalis grup band Nidji ini menyadari pencalonan tidak akan mudah. Namun, ia yakin dengan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas rintangan dan masalah akan dapat dilewati.

Giring mengatakan, keputusannya maju sebagai capres lantaran banyak anak muda yang akan menjadi pemilih pada 2024. Hal ini sejakan dengan semangat PSI yang berusaha menjadi partai bagi anak muda Indonesia. Giring menyatakan ingin mengisi ruang politik pada 2024 dengan anak-anak muda.

Ia juga berusaha menampilkan anak muda dalam menjawab tantangan global. Terutama anak muda Indonesia yang mengerti permasalahan setiap keluarga dan komunitas di Indonesia.

Giring mengaku sudah mendapat dukungan dari berbagai kalangan, termasuk beberapa partai politik (parpol). Namun ia enggan membeberkan nama parpol tersebut. Bahkan menurut Giring, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi niatnya maju sebagai capres 2024.

Seperti diketahui, Giring Ganesha baru saja ditunjuk menjadi Plt Ketum PSI. Ia menggantikan Grace Natali yang akan melanjutkan studi ke Singapura. Grace menilai Giring punya komitmen yang sama dengan PSI, dan bisa mewakili tokoh muda yang kreatif.

Pada ajang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Giring maju sebagai calon anggota DPR dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat. Meski mendapat suara yang cukup banyak, Giring batal ke Senayan lantatan partainya, PSI tidak lolos parliamentary threshold atau ambang batas masuk parlemen. (ant)