Uji Kepatutan

Kastara.id, Jakarta – Komisi III DPR RI memulai rangkaian tahapan uji kepatutan dan kelayakan komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (25/9).

Pada uji kepatutan dan kelayakan kali ini, sebanyak 14 anggota yang lolos seleksi melakukan pembuatan makalah dalam waktu satu jam. Setelah makalah selesai, maka akan dimulai serangkaian uji kelayakan dan kepatutan oleh anggota Komisi III DPR RI.

“Setelah selesai makalah akan diprint dan dilanjutkan pada Rabu depan sesuai dengan nomor urut,” kata Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond Junaidi Mahesa di Gedung DPR.

Adanya pembuatan makalah ini, lanjut Desmond, supaya anggota komisi III mengetahui visi dan misi dalam menjadi komisioner Komnas HAM. Jadi setiap makalah yang dibuat diminta harus sesuai dengan orisinalitas peserta.

“Kami butuhkan adalah orisinalitas, kalau kutip sini kutip sana, itu bukan yang kami butuhkan,” ujar Desmond.

Ia melanjutkan, ide-ide yang berasal dari pemikiran sendiri juga sebagai indikator peserta uji kepatutan dan kelayakan siap menjadi pemimpim lembaga di atas. “Kita perlukan adalah orisinalitas, kesiapan untuk memimpin komnas HAM,” kata Desmond. (npm)