Nissan Leaf

Kastara.ID, Jakarta – Nissan Indonesia telah resmi meluncurkan mobil listrik tercanggihnya, The All-New Nissan LEAF bagi konsumen di Indonesia.

“Peluncuran The All-New Nissan LEAF ini menunjukkan komitmen Nissan untuk membawa mobilitas elektrifikasi semakin dekat bagi masyarakat Indonesia. Lebih dari 500.000 konsumen di seluruh dunia telah beralih ke Nissan LEAF, membawa Nissan lebih dekat ke masyarakat yang lebih berkelanjutan, lebih aman dan ramah lingkungan. Kami percaya bahwa The All-New Nissan LEAF akan mengubah cara konsumen mobil di Indonesia berkendara dan menikmati kehidupannya,” ujar Evensius Go, Presiden Direktur, PT Nissan Motor Distributor Indonesia.

Kendaraan tanpa emisi The All-New Nissan LEAF merupakan perwujudan dari Nissan Intelligent Mobility, yang merupakan filosofi Nissan untuk mengubah cara mobil dikemudikan, ditenagai, dan diintegrasikan ke dalam masyarakat.

Mobil ini menggunakan baterai lithium-ion 40 kWh yang memungkinkan The All-New Nissan LEAF dapat menempuh jarak sejauh 311 km dalam sekali pengisian daya (charging) berdasarkan hasil test New European Driving Cycle (NEDC). Hal ini setara dengan penggunaan rata-rata harian 40 km selama satu minggu, hanya dengan satu kali pengisian penuh.

Nissan telah mengembangkan sendiri baterai The All-New Nissan LEAF, yang diuji secara ketat dan telah membuktikan keandalan yang luar biasa. Tidak ada permasalahan serius yang terjadi pada baterai dari total 10 miliar kilometer jarak yang ditempuh Nissan LEAF yang telah terjual di seluruh dunia. Selain itu, The All-New Nissan LEAF juga telah menjalani berbagai pengujian kualitas dan ketahanan yang paling ketat, termasuk uji banjir dan uji petir.

Pengisi daya kendaraan listrik dapat dipastikan aman dalam berbagai kondisi cuaca dan dirancang khusus untuk melindungi kendaraan dan penumpang dari sengatan listrik, yang berarti pengisian daya The All-New Nissan LEAF dapat dilakukan dengan aman bahkan saat hujan.

Mengisi daya listrik The All-New Nissan LEAF dapat dilakukan dengan mudah dan nyaman di rumah, pemilik The All-New Nissan Leaf dapat mengisi daya dengan pengisi daya Portable (3.3 Kw), yang memungkinkan baterai dapat terisi penuh dalam waktu 12 hingga 15 jam, atau menggunakan pengisi daya Home Charger (AC 7.4 kw) yang dapat mengisi penuh baterai dalam waktu 5 hingga 7 jam. Jika tidak sempat diisi ulang di rumah, maka pengisiannya dapat dilakukan di SPKLU atau di diler terdekat yang menyediakan charging station.

Performa Hebat
Motor listrik yang diusung The All-New Nissan LEAF menyuguhkan limpahan tenaga maksimum hingga 110 kW atau setara dengan 150 PS dan torsi maksimum 320 Nm. Hal ini membuatnya dapat berakselerasi 0–100 km/jam dalam 7,9 detik dengan kecepatan maksimal 155 km/jam.

Teknologi terdepan dari Nissan Intelligent Driving pada The All-New Nissan LEAF adalah penggunaan e-Pedal, yang memungkinkan pengemudi memulai berkendara, akselerasi, deselerasi, dan berhenti menggunakan hanya satu pedal dengan menambah atau mengurangi tekanan pada pedal gas. Ketika akselerator dilepaskan sepenuhnya, rem regeneratif dan friksi akan bekerja secara otomatis, membuat mobil berhenti total.

Desain eksterior The All-New Nissan LEAF yang ramping dengan tampilan yang tajam, dinamis dan aerodinamis.

Di bagian depan, grille V-motion Nissan yang khas bernuansa warna biru jernih menjadi ciri utama The All-New Nissan LEAF bersama dengan lampu utama berbentuk boomerang di bagian depan dan belakang, termasuk pada Daytime Running Lights (DRL) berteknologi LED. Aksen pada bumper belakang yang berwarna biru, dengan jelas mengidentifikasinya sebagai mobil listrik Nissan.

Interior menyuguhkan tata letak yang terpusat pada pengemudi, dengan setir Flat-Bottom Sporty berlapis kulit dan dilengkapi tombol multifungsi. Panel instrument dengan layar 7 inci serta kursi berlapis Kulit Alcantara yang mewah memberikan suasana ruang kabin yang senyap dan membuat ruang kabin semakin premium. Untuk sistem infotainment, mobil ini mengusung headunit layar sentuh 8 inch, termasuk dengan koneksi Bluetooth, Voice Command, dan dapat terhubung dengan ponsel pintar melalui Apple CarPlay dan Android Auto.

The All-New Nissan LEAF juga dilengkapi dengan sederet fitur keamanan aktif yang akan selalu menjaga, merespons, dan melindungi pengemudi dan penumpang agar tetap selamat. Berbagai fitur keselamatan yang dimiliki mobil ini antara lain Forward Collision Warning (FCW), Forward Emergency Braking (FEB), Intelligent Trace Control (ITC), Vehicle Dynamic Control (VDC), Hill Start Assist (HSA), Anti-Lock Braking System (ABS) with Brake Assist (BA), Intelligent Around View Monitor (I-AVM) with Moving Object Detection (MOD), Driver Attention Alert (DAA), dan Electronic Parking Brake (E-PKB).

The All-New Nissan LEAF juga dilengkapi dengan Dual SRS Airbag, Side Airbag, dan Curtain Airbag serta telah mendapatkan penghargaan peringkat keselamatan bintang 5 maksimum pada JNCAP (Japan New Car Assessment Program), Euro NCAP, Australia ANCAP, dan US NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration).

Kini, masyarakat Indonesia dapat langsung mencoba Mobil The All-New Nissan LEAF di 5 diler Nissan MT Haryono (Jakarta Timur), Nissan TB Simatupang (Jakarta Selatan) dan Nissan Puri Indah (Jakarta Barat), Nissan Roxy (Jakarta Pusat), Nissan Bekasi Barat (Bekasi). Di diler tersebut Nissan juga menyediakan fasilitas charging station yang dapat digunakan oleh konsumen The All-New Nissan LEAF.

The All-New Nissan LEAF hadir dalam 11 warna pilihan baik untuk opsi one tone maupun dual tone. The All-New Nissan LEAF ditawarkan dengan harga Rp 649 juta untuk opsi one tone dan Rp 651 juta untuk opsi dual tone (on-the-road DKI Jakarta). Konsumen The All-New Nissan LEAF akan mendapatkan warranty kendaraan selama 3 tahun atau 100.000 km, warranty untuk baterai selama 8 tahun atau 160.000 km serta bebas biaya perawatan selama 5 tahun atau 70.000 km. (sla)