Kastara.id, Jambi – Usai melalui sejumlah tahapan proses penilaian National Sanita Massaltion City Rating (NSCR) 2018, akhirnya Pemerintah Kota Depok berhasil meraih peringkat pertama Top 10 Smart Sanitation Award 2018.

Penghargaan tersebut diberikan dalam rangkaian acara City Sanitation Summit XVIII di Hotel Luxury, Kota Jambi, Kamis (25/10). Piala SSA 2018 secara resmi diserahkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Men PUPR) RI melalui Dirjen Cipta Karya Dirjen Cipta Karya Danis Hidayat Sumadilaga kepada Wali Kota Depok Mohammad Idris.

Wali Kota Depok Mohammad Idris menjelaskan bahwa Smart Sanitation Award (SSA) Tingkat Nasional Tahun 2018, merupakan ajang yang digagas Asosiasi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI). Sebelum meraih predikat juara, Kota Depok harus bersaing dengan 483 Kabupaten/Kota se-Indonesia hingga berhasil menjadi salah satu dari 10 nominator dalam ajang bergengsi ini.

“Alhamdulillah, Kota Depok menjadi best of the best dalam Smart Sanitation Award 2018. Penghargaan ini sebagai rasa syukur dan apresiasi kepada pokja, juga semua elemen masyarakat. Penghargaan ini juga sebagai tantangan agar ke depannya selalu ada inovasi sehingga Depok bisa unggul, tak hanya dalam bidang sanitasi, tetapi juga dalam pelayanan, pembangunan, dan pemberdayaan,” kata Idris.

Idris pun memaparkan bahwa penghargaan tersebut diraih setelah melalui beragam tahapan penilaian seperti komitmen kepala daerah, baik dari sisi aturan dan pendanaan. Demikian pula dengan keaktifan pokja sanitasi, program-program di lapangan, serta inovasi sanitasi. Inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Depok di antaranya adalah maggot dan Sistem Informasi Pemetaan Profil Kesehatan Lingkungan (SIPP KLING). (rud)