Fachrul Razi

Kastara.ID, Surabaya – Kekecewaan warga Nahdlatul Ulama (NU) terhadap susunan kabinet yang baru diumumkan terus berlanjut. Kaum nahdliyin masih belum bisa menerima keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memberikan jabatan Menteri Agama (Menag) kepada bukan kader NU.

Wakil Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah NU (PWNU) Jawa Timur KH Abdussalam Sokhib mengatakan, pihaknya tidak akan mengundang Menag Fachrul Razi pada acara Santi Culture Night Carnival (SCNC). Acara tersebut digelar dalam rangka puncak peringatan Hari Santri Nasional 2019. Abdussalam berdalih Fachrul Razi tidak diundang karena bukan seorang santri.

Saat berbicara di Surabaya pada Kamis (24/10/2019) Abdussalam menyebut belum pernah melihat Fachrul Razi memakai sarung. Ia khawatir undangannya tidak sampai. Itulah sebabnya Abdussalam belum akan mengundangnya.

Selain itu menurut pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang, Jawa Timur ini Fachrul Razi bukan kader NU. Pasalnya Menag yang baru itu tidak pernah tercatat di struktur organisasi NU, baik tingkat ranting sampai pusat. Fachrul Razi juga tidak pernah bergabung di lembaga sayap NU, seperti Ansor, IPNU, dan lainnya.

Abdussalam menambahkan, dalam pergelaran SCNC pihaknya akan mengundang KH Ma’ruf Amin. Namun bukan dalam kapasitasnya sebagai Wakil Presiden melainkan sebagai santri. Selain itu menurut Abdussalam, Ma’ruf Amin adalah NU tulen.

Santri Culture Night Carnival (SCNC) 2019 menurut rencana akan digelar pada Ahad (27/19) pukul 18.30 WIB di depan kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, Jalan Masjid Al Akbar, Surabaya, Jawa Timur. Kegiatan ini akan menampilkan sejumlah seni budaya dari berbagai wilayah di Jawa Timur, yang memiliki nilai-nilai nasionalisme dan multi kulturalisme. (put)