Jakpreneur Fest 2021

Kastara.ID, Jakarta – Memperingati puncak pelaksanaan rangkaian kegiatan Jakpreneur Fest 2021, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Malam Apresiasi dan Pemberian Penghargaan Jakpreneur of the Year di Museum Bank Mandiri, Jakarta Barat (24/10). Acara ini turut dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia Teten Masduki dan jajaran kolaborator Jakpreneur DKI Jakarta.

Dalam sambutannya, Gubernur Anies menjelaskan terkait tantangan UMKM di tengah pandemi. Pandemi ini juga menjadi kesempatan bagi pelaku UMKM untuk memulai kembali, sehingga memerlukan pembentukan ekosistem yang sehat dan pembinaan yang baik.

“Pandemi ini tak ada yang menduga, tetapi ini menjadi sebuah kesempatan bagi kita untuk me-restrart, mulai dari awal. Kami di Jakarta memegang teguh bahwa kita tak akan mengecilkan yang besar, tapi membesarkan yang kecil dengan ekosistem usaha yang sehat dan proses pembinaan yang baik agar UMKM dapat berkembang,” ucap Gubernur Anies, dikutip dari Siaran Pers PPID (24/10).



Maka dari itu, Pemprov DKI Jakarta menginisiasi Jakpreneur yang menjadi janji dan masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemprov DKI Jakarta, saat itu ditargetkan ada 44 pusat pendampingan UMKM di setiap Kecamatan di DKI Jakarta yang dapat menghadirkan 200.000 wirausaha baru. Kini, target tersebut terlampaui.

“Alhamdulillah, target tersebut tidak hanya tercapai, tetapi malah terlampaui, yakni ada 281.000 anggotanya. Ini kolaborasi luar biasa, mereka menjadi mitra bekerja bersama kita,” jelas Gubernur Anies.

Berdasarkan data per 21 Oktober 2021, terdapat 281.812 peserta yang terdaftar dalam program Jakpreneur, tersebar di lima wilayah Kota dan satu Kabupaten Administrasi.

“Pada kesempatan malam apresiasi ini, kami berharap di dalam kegiatan malam ini kita berikan penghargaan kepada pribadi-pribadi yang dapat dijadikan contoh, karena menjadi entrepreneur tidak ada pesimistis, ciri khasnya selalu bisa melihat kesempatan dalam kesempitan dan energi positif ini kita ingin tumbuhkan lebih jauh. Bukan hanya secara karya tapi optimisimenya,” terangnya.

Sementara Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia Teten Masduki menjelaskan tantangan ke depan yang harus dihadapi UMKM adalah menggerakkan perekonomian, baik di masa pandemi maupun pascapandemi. Teten menyebut bahwa pihaknya akan mendukung program-program pengembangan UMKM salah satunya Jakpreneur. Terlebih, UMKM harus segera bertransformasi agar memiliki daya saing, baik di level nasional maupun internasional.

“Ke depan setelah pandemi teratasi, kita harus segera menyiapkan transformasi UMKM, karena tidak bisa terus-menerus ekonomi kita dibangun usaha mikro. Kita harus meningkatkan daya saing UMKM kita supaya lebih produktif, kreatif dan ekonomis, sehingga kita bisa bangun ekonomi nasional berbasis ekonomi rakyat dan Jakpreneur ini telah menghasilkan wirausahawan baru yang kita perlu tingkatkan bersama-sama, target kita men-scaling up UMKM,” tandasnya.

Selain memberikan Jakpreneur of The Year yang dianugerahkan kepada UMKM Suwe Ora Jamu, acara ini juga menjadi kesempatan untuk penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pemprov DKI Jakarta dengan e-commerce Shoppe. Kerja sama ini termasuk:

– Pertukaran data dan informasi dalam rangka pelatihan, pembinaan, dan pendampingan untuk UMKM Jakarta menuju ekspor. Shopee akan menyelenggarakan pelatihan, pendidikan, dan workshop terkait ekspor.

– Melakukan penyaluran modal untuk pelaku usaha berupa voucher toko, voucher iklan, program gratis yang diberikan, hingga promosi bisnis pelaku UMKM di Shopee.

– Memfasilitasi branding bisnis UMKM melalui kampanye dan perluasan pemasaran produk melalui platform Shopee, bahkan promosi ke berbagai negara tujuan ekspor melalui fitur pemasaran online.

Adapun pemenang Kompetisi Bisnis di program Jakpreneur Fest 2021, di antaranya Ridwan Hermantoyo – GGS Fashion untuk kategori Digital Learner, Adelia Abidin – Create Baju Official untuk kategori Eksportir Terbaik Jakarta, dan Eric Evan – Yelonix untuk kategori Pertumbuhan UKM Terbanyak. (hop)