Headline

Tutupnya 3.292 Kantor Cabang Bank Buntut Beralihnya ke Transaksi Digital

Kastara.ID, Jakarta – Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Heru Kristiyana mengatakan sejak 2015 sebanyak 3.292 kantor cabang bank umum telah ditutup. Tindakan tersebut dilakukan lantaran semakin berkurangnya jumlah kunjungan ke kantor cabang bank umum.

Nasabah saat ini lebih memilih menggunakan transaksi digital untuk memenuhi berbagai keperluan. Hal inilah yang menurut Heru menyebabkan jumlah kantor cabang bank umum menurun dengan sangat cepat dari waktu ke waktu.

Saat berbicara dalam sebuah diskusi online atau webinar, yang dikutip Senin (25/10), Heru merinci pada 2015 jumlah kantor cabang bank umum di Indonesia sebanyak 32.953 kantor. Pada 2018, jumlah kantor cabang turun menjadi 31.609 kantor. Pada 2020 turun kembali menjadi 30.733 kantor cabang.

Hingga Juni 2021, jumlah kantor cabang umum tercatat sebanyak 29.661. Artinya menurut Heru, selama 7 tahun terakhir atau sejak 2015 sebanyak 3.292 kantor cabang bank umum sudah ditutup

Heru menambahkan, penurunan jumlah kantor fisik berbanding terbalik dengan penggunaan transaksi digital, baik mobile banking maupun internet banking yang cenderung meningkat. Pihak perbankan pun berlomba-lomba melakukan transformasi digital dalam pelayanannya terhadap nasabah.

Heru menuturkan, bank semakin menyadari pentingnya layanan digital. Sehingga tidak perlu lagi membuka kantor cabang baru. Kondisi ini tentu berbeda dengan 5 hingga 10 tahun lalu. Saat itu kehadiran kantor cabang dirasa perlu guna mendekatkan bank kepada para nasabahnya. (mar)

Leave a Comment

Recent Posts

Eko Patrio Layak Jadi Menteri Komunikasi dan Informatika

Kastara.ID, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan mengatakan, Eko Patrio menjadi…

Supian Suri Menyanggupi Mengenai Kesiapannya Menjadi kader Partai Gerindra

Kastara.Id,Depok - Dewan Pimpinan Cabang Gerindra Kota Depok sudah sepakat untuk  membawa satu nama ke…

Partai NasDem Mendukung Imam Budi Hartono Maju Menjadi wali kota Depok

Kastara.Id,Depok - Ketua DPD Partai NasDem Kota Depok memberikan sinyal koalisi jelang pemilihan kepala daerah…

Langkah Pemkot Depok Atasi Banjir di Jalan Bulak Barat Cipayung

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat melakukan langkah-langkah mengatasi banjir di Jalan Bulak…

MUI Launching Buku Berjudul Wasathiyyah

Kastara.Id,Depok - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok, Jawa Barat melaunching buku  Wasathiyyah yang artinya…

Idris – Imam Sabet Penghargaan DPD PKS Terbanyak Raih Kursi DPRD Se Jabar

Kastara.Id,Bandung  - DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Barat (Jabar) memberikan penghargaan ke DPD PKS…